Analisis kompetensi technological pedagogical content knowledge (tpack) calon guru fisika dalam asistensi mengajar pada materi besaran dan pengukuran / Carissa Nanda Wahyu Faatihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi technological pedagogical content knowledge (tpack) calon guru fisika dalam asistensi mengajar pada materi besaran dan pengukuran / Carissa Nanda Wahyu Faatihah

Faatihah, Carissa Nanda Wahyu (2024) Analisis kompetensi technological pedagogical content knowledge (tpack) calon guru fisika dalam asistensi mengajar pada materi besaran dan pengukuran / Carissa Nanda Wahyu Faatihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional di Era Revolusi Industri 4.0. Kesiapan calon guru fisika menjadi guru profesional dapat dilihat dalam program asistensi mengajar karena program tersebut merupakan salah satu bentuk penerapan pengetahuan dalam perkuliahan. Selama ini penelitian tentang kompetensi TPACK calon guru fisika sudah banyak dilakukan namun indikator yang digunakan oleh peneliti sebelumnya kebanyakan adalah self assessment. Maka dari itu peneliti mengembangkan indikator yang tidak hanya meliputi self assessment saja namun juga menambahkan pertanyaan mengenai konsep materi dan mencocokkan dengan dokumen yang digunakan. Indikator dan sub indikator dipilih berdasarkan 9 instrumen yang telah digunakan oleh peneliti terdahulu dipilih beberapa indikator yang tidak memiliki makna sama agar lebih lengkap ringkas dan fokus pada satu materi yaitu pada materi besaran dan pengukuran. Penelitian ini menggunakan metode sequential explanatory dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang mengikuti program asistensi mengajar Tahun Pelajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa persentase kompetensi TPACK calon guru fisika dalam Asistensi Mengajar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 pada materi besaran dan pengukuran sebesar 32% yang termasuk dalam kategori kurang. Persentase masing-masing komponen TPACK pada kemampuan Content Knowledge (CK) sebesar 20% Pedagogical Knowledge (PK) sebesar 55% Technological Knowledge (TK) sebesar 29% Pedagogical Content Knowledge (PCK) sebesar 57% Technological Content Knowledge (TCK) sebesar 13% Technological Pedagogical Knowledge (TPK) sebesar 27% dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sebesar 27% yang dapat disimpulkan bahwa komponen PK lebih unggul daripada komponen CK dan TK. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam pelaksanaan asistensi mengajar diantaranya pada pemahaman konsep calon guru terhadap materi besaran dan pengukuran yang masih kurang penggunaan teknologi yang masih terhambat karena sarana dan prasarana di sekolah yang kurang mendukung serta kurangnya eksplorasi calon guru dalam memilih teknologi untuk pembelajaran. Rendahnya komponen CK dan TK tersebut berdampak pada kurangnya kemampuan calon guru dalam mengintegrasikan kedua komponen tersebut yaitu komponen TCK. Maka dari itu perlu adanya peningkatan pemahaman calon guru fisika terhadap materi besaran dan pengukuran serta eksplorasi teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 04:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311237

Actions (login required)

View Item View Item