Putri, Riska Santika Putri (2024) Pengembangan dan efektivitas e-modul berbasis pjbl-steam dengan asesmen formatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida dinamis / RISKA SANTIKA PUTRI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konsep fluida dinamis merupakan bagian mekanika fluida yang mendasari beberapa fenomena dan prinsip kerja teknologi. Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dilakukan untuk mempersiapkan siswa manghadapi tantangan abad-21. Rupanya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fluida dinamis masih rendah dan solusi pengembangan bahan ajar e-modul yang berbasis Project Based Learning (PjBL) pendekatan ilmu STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) dan Asesmen Formatif masih jarang. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan menguji kelayakan serta mengetahui efektivitas e-modul berbasis PjBL-STEAM dengan Asesmen Formatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fluida dinamis. Maka untuk mencapainya digunakan Research and Development (R amp D) desain 4-D yang meliputi tahapan define design develop dan disseminate. Tahap pengembangan meliputi pengembangan e-modul pengembangan modul ajar dan pengembangan soal pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk esai. Tahap uji kelayakan melibatkan uji validasi media uji validasi materi dan respon siswa. Mengetahui efektivitas e-modul melibatkan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group dan siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis nilai rata-rata untuk mengetahui kelayakan dan uji non-parametrik Mann Whitney untuk mengetahui efektivitas e-modul. Hasil pengembangan e-modul diperoleh kelayakan media sebesar 98 27% kelayakan materi 98 05% dan kelayakan berdasarkan respon siswa sebesar 89 08%. Hasil uji efektivitas diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0 000 yang menunjukkan nilai sig lt 0 05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai N-gain kelas eksperimen diperoleh skor 0 475 (kategori sedang) N-gain pada indikator originality sebesar 0 604 elaboration 0 440 fluency 0 410 dan flexibility 0 332. Nilai N-gain kelas kontrol diperoleh skor 0 142 (kategori rendah) N-gain pada indikator flexibility sebesar 0 175 fluency 0 168 originality 0 079 dan elaboration -0 011. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis PjBL-STEAM dengan Asesmen Formatif yang dikembangkan layak digunakan serta efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fluida dinamis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |