Jamalia, Lailatul Jamalia (2024) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pendekatan steam berbantuan digital mind mapping dalam apbl pada materi fluida statis / Lailatul Jamalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan abad 21 menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis untuk mengatasi permasalahan masyarakat di era teknologi namun kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Fluida Statis masih rendah. Penelitian mengenai penerapan APBL-STEAM berbantuan DMM masih jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran APBL-STEAM berbantuan DMM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Fluida Statis. Penelitian ini menggunakan jenis quasi experimental dengan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pamekasan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan dipilih dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model APBL-STEAM berbantuan DMM sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol dengan model APBL sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes kemampuan berpikir kritis dengan reliabilitas 0 803. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan independent sample t test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa APBL-STEAM berbantuan DMM mampu membangun kemampuan berpikir kritis lebih baik secara signifikan daripada APBL. Hasil lain menunjukkan adanya peningkatan skor N-gain total sebesar 0 595 (sedang) pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol skor N-gain total sebesar 0 220 (rendah). Peningkatan N-gain setiap sub indikator berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kontrol adalah likelihood and uncertainly analysis 0 729 (tinggi) dan 0 028 (rendah) argument analysis 0 662 (sedang) dan 0 323 (sedang) reasoning 0 564 (sedang) dan 0 301 (sedang) hypothesis testing 0 507 (sedang) dan 0 141 (rendah) problem solving and decision making 0 481 (sedang) dan 0 015 (rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran APBL-STEAM berbantuan DMM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |