Pengembangan e-module berbasis pjbl-stem disertai asesmen formatif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis / Muhammad Ilham Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis pjbl-stem disertai asesmen formatif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis / Muhammad Ilham Maulana

Maulana, Muhammad Ilham Maulana (2024) Pengembangan e-module berbasis pjbl-stem disertai asesmen formatif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis / Muhammad Ilham Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di abad ke-21 kemampuan yang wajib dikuasai siswa adalah berpikir kritis sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-module berbasis PjBL-STEM disertai asesmen formatif mengetahui tingkat kelayakan kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE (analysis design development implementation evaluation). Produk yang dikembangkan merupakan e-module dengan model pembelajaran PjBL-STEM disertai asesmen formatif pada materi fluida dinamis sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. E-module dilakukan uji validasi oleh dosen dan guru fisika serta uji kepraktisan dan keefektifan oleh siswa SMA Negeri 1 Turen. Hasil uji validasi yaitu 93 75% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan yaitu 92 % terlaksana sesuai dengan rencana pembelajaran dan siswa memberikan respon yang positif terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil uji efektifitas e-module dengan N-Gain sebesar 0 50 (sedang). Peningkatan N-Gain setiap indikator berpikir kritis pada kelas eksperimen adalah Reasoning 0 486(sedang) Hypothesis testing 0 575 (sedang) Argument analysis 0 597 (sedang) Likelihood and uncertainly 0 419 (sedang) Problem solving and decision making 0 336 (sedang). Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa pengembangan e-module layak diterapkan dalam proses pembelajaran serta berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311231

Actions (login required)

View Item View Item