Pengembangan multimedia pembelajaran fisika interaktif berscaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi gelombang cahaya / Isna Fatimatuzzahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran fisika interaktif berscaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi gelombang cahaya / Isna Fatimatuzzahroh

Fatimatuzzahroh, Isna Fatimatuzzahroh (2024) Pengembangan multimedia pembelajaran fisika interaktif berscaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi gelombang cahaya / Isna Fatimatuzzahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran fisika interaktif berscaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi gelombang cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (R amp D) dengan pendekatan model pengembangan 4D (Define Design Development Disseminate) serta desain penelitian quasi-experimenl one-group pretest dan posttest design untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi materi lembar validasi media dan uji kepraktisan produk. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI-6 SMA Islam NU Pujon yang sedang mempelajari materi gelombang cahaya. Produk yang dikembangkan adalah sebuah multimedia pembelajaran fisika interaktif yang dilengkapi dengan latihan soal scaffolding. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi gelombang cahaya. Penelitian ini mengumpulkan data kualitatif seperti saran dan komentar dari dua validator ahli dan responden data kuantitatif meliputi skor validasi media skor validasi materi dan hasil uji kepraktisan. Hasil validasi produk menunjukkan bahwa validitas materi mencapai 91 7% dalam kategori sangat valid dan validitas media sebesar 76 2% dalam kategori valid. Setelah proses validasi produk diuji coba kepada siswa melalui pretest sebelum penggunaan multimedia dalam pembelajaran dan posttest setelah pembelajaran untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman konsep siswa. Data kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan uji n-gain. Rata-rata nilai pretest siswa adalah 52 6 dan rata-rata nilai posttest siswa adalah 90 7 dengan nilai n-gain score sebesar 0 76. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil uji kepraktisan siswa memiliki presentasi 83% yang artinya multimedia interaktif yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji coba produk oleh validator dan siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif yang telah dikembangkan berhasil dikembangkan dan dapat diujicobakan secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311230

Actions (login required)

View Item View Item