Efektivitas penerapan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor / Nafila Lana Amalia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor / Nafila Lana Amalia</p>

Amalia, Nafila Lana (2024) Efektivitas penerapan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor / Nafila Lana Amalia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada abad 21 ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang semakin pesat. Sehingga penting bagi setiap individu untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah di indonesia masih masuk ke dalam kategori rendah. Implementasi perangkat pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah masih tergolong rendah dan kurang di eksplorasi sehingga diperlukan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Telah diteliti perangkat pembelajaran dengan model PBL namun hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Selain itu pada penelitian tersebut belum ada uji empiris untuk membuktikan kevalidan data yang relevan untuk mengidentifikasi kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran sehingga belum memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jenis rancangan penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sebelum perangkat diimplementasikan dilakukan uji empiris terlebih dahulu yang dilakukan di dua sekolah di Kabupaten Malang yaitu SMAN 1 Gondanglegi dan SMAN 1 Bululawang. Perangkat pembelajaran telah diimplementasikan pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Gondanglegi sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Gondanglegi sebagai kelas kontrol. Hasil validasi RPP LKPD dan soal evaluasi dengan kategori sangat valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan oleh siswa dan oleh guru dengan persentase sebesar 87 21% dan 94 76 % dengan kategori sangat praktis. Perangkat pembelajaran dikembangkan memenuhi kriteria efektif yaitu terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan rata-rata sebesar 69.63 % pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji N-Gain (%) menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 78 04% termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311228

Actions (login required)

View Item View Item