Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model problem based learning berbantuan liveworksheet pada materi momentum dan impuls / Julia Juniarti Janggur - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model problem based learning berbantuan liveworksheet pada materi momentum dan impuls / Julia Juniarti Janggur

Janggur, Julia Juniarti Janggur (2024) Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model problem based learning berbantuan liveworksheet pada materi momentum dan impuls / Julia Juniarti Janggur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi esensial pada abad 21 yang memiliki peran penting dalam memahami konsep fisika. Namun kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah pada materi momentum dan impuls. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran PBL yang berpusat pada peserta didik dan dibantu dengan liveworksheet sebagai assessment for learning agar setiap siswa dapat mendapat umpan balik di waktu yang tepat dan relatif singkat serta dapat menjangkau keseluruhan peserta didik di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh model PBL berbantuan liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls mengeksplorasi pola berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol serta mengekplorasi kesulitan yang dialami peserta didik dalam tiap indikator berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode gabungan dengan desain explanatory. Hasil uji Independent Sample t-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. N shy -gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0 5973 (sedang) dibandingkan dengan kelas kontrol yang berada dalam kategori rendah dari hasil uji effect size sebesar 1 6094. Pola berpikir kritis siswa setelah pembelajaran menjadi lebih baik yang didasari karena adanya perubahan level (kategori) kemampuan berpikir kritis. Pada fakta yang terjadi di lapangan bahwa masih ditemukan kesulitan oleh peserta didik dalam tiap indikator berpikir kritis antara lain (a) mengidentifikasi data dan fakta dalam soal (b) mengidentifikasi permasalahan yang ditanyakan (c) menyelesaikan operasi matematika (d) kurang menguasai konsep momentum dan impuls dan e) merumuskan kesimpulan akhir

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311227

Actions (login required)

View Item View Item