Listiyana, Putri Wahyu Listiyana (2024) Pengembangan e-module berbasis multi representasi disertai corrective feedback untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi hukum newton / PUTRI WAHYU LISTIYANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan serta mengetahui keefektifan e-module berbasis multi representasi disertai corrective feedback untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi hukum Newton yang valid praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Responden pada penelitian ini meliputi satu dosen Pendidikan Fisika sebagai validator ahli materi dan media pada uji validitas produk satu guru Fisika dan 11 peserta didik kelas XI MAN 1 Malang sebagai responden pada uji kepraktisan produk dan peserta didik kelas XI C dan XI F sebagai responden pada uji keefektifan produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket lembar validasi angket respon guru dan peserta didik serta instrumen pretest dan posttest. Hasil uji validasi media diperoleh nilai 91 7% sedangan uji validasi materi diperoleh nilai 91 1% sehingga termasuk kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respon guru diperoleh nilai 93 8% sedangkan dari angket respon peserta didik diperoleh nilai 81 0% sehingga termasuk kategori sangat praktis. Sementara itu uji Mann Whitney diperoleh p kurang dari taraf signifikan 0 05 (p lt 0 05) sehingga pembelajaran dengan menggunakan e-module berbasis multi representasi disertai corrective feedback pada kelas eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan dengan kelas kontrol. Uji N-gain juga menunjukkan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0 7 yang berada pada kategori tinggi sementara rata-rata hasil N-gain kelas kontrol sebesar 0 4 yang berada pada kategori medium bawah. Sehingga hasil tafsiran efektivitas N-gain menunjukkan jika penggunaan e-module berbasis multi representasi disertai corrective feedback cukup efektif digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis multi representasi disertai corrective feedback yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan cukup efektif dengan artian e-module cukup layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311222 |
Actions (login required)
View Item |