Pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja (studi pada karyawan bagian penggilingan PT. Bokormas cabang Blitar) / Syantireska Setyo Adhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja (studi pada karyawan bagian penggilingan PT. Bokormas cabang Blitar) / Syantireska Setyo Adhi

Adhi, Syantireska Setyo (2011) Pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja (studi pada karyawan bagian penggilingan PT. Bokormas cabang Blitar) / Syantireska Setyo Adhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Kerja Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Pada era globalisasi saat ini perkembangan ekonomi banyak dipengaruhi oleh persaingan yang semakin ketat di segala bidang. Sehingga mengharuskan perusahaan besar mengharuskan perusahaan besar menengah maupun kecil untuk menunjukkan keunggulan-keunggulan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi serta memiliki individu-individu yang berkualifikasi agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan tersebut. Keberhasilan perusahaan mempertahankan keberadaannya dalam dunia bisnis tidak lepas dari tercapainya tujuan perusahaan yang telah ditetapkan dan tidak hanya ditentukan oleh besarnya dana operasi yang tersedia canggihnya teknologi sarana ataupun prasarana yang dimiliki melainkan tergantung pada aspek sumber daya manusia yaitu karyawan. Untuk mengelola karyawan dalam perusahaan tidak mudah karena setiap karyawan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi deskriptif motivasi kerja kepuasan kerja dan komitmen organisasional serta pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja yang ada pada karyawan bagian penggilingan PT. Bokormas Cabang Blitar. Penelitian dilaksanakan di PT. Bokormas Cabang Blitar yang berada di Jalan Mastrip No. 42 Blitar. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada bagian penggilingan PT. Bokormas Cabang Blitar yang berjumlah 400 orang sedangkan sampelnya diambil sebanyak 200 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Dalam penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu motivasi kerja (X) variabel intervening yaitu kepuasan kerja (Z) dan variabel terikat komitmen organisasional (Y). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan item-item dari penelitian terdahulu yang telah teruji sehingga uji coba kuesioner untuk menguji intrumen tidak perlu. Sedangkan untuk uji validitas dan reliabilitas tetap dilakukan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat hipotesis alternatif yang diajukan adalah diterima yaitu (1) Terdapat pengaruh motivasi kerja secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja yang dibuktikan dengan nilai 946 0 533 dimana nilai taraf signifikansinya lebih rendah dari 0 05 yaitu 0 000 (2) Terdapat pengaruh motivasi kerja secara positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional yang dibuktikan dengan nilai 946 0 509 dimana nilai taraf signifikansinya lebih rendah dari 0 05 yaitu 0 000 (3) Terdapat pengaruh kepuasan kerja secara positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional yang dibuktikan dengan nilai 946 0 149 dimana nilai taraf signifikansinya lebih rendah dari 0 05 yaitu 0 028 (4) Terdapat pengaruh tidak langsung motivasi kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja adalah 0 588. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan agar pihak PT. Bokormas Cabang Blitar untuk (1) mempertahankan motivasi yang ada agar dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan komitmen karyawan untuk tetap tinggal di perusahaan akan terjaga (2) Menciptakan suasana kerja yang harmonis antar karyawan dengan pimpinan dengan cara lebih sering berkomunikasi baik di dalam lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja (3) Perusahaan lebih memperhatikan kepuasan karyawan agar karyawan memiliki komitmen yang tinggi untuk dedikasi mereka terhadap perusahaan dan agar karyawan selalu bekerja yang lebih baik untuk perusahaan (4) Pimpinan selalu memberikan semangat dan mau menerima masukan saran dan kritik dari karyawan serta dapat mensejahterakan karyawannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item