Iasha, Miladia Nur (2024) Pengaruh model learning cycle 5e terhadap pemahaman konsep siswa SMA pada materi elastisitas dan hukum hooke / Miladia Nur Iasha</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menyelidiki pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap pemahaman konsep siswa SMA tentang materi elastisitas dan hukum Hooke. Subjek penelitiannya adalah 34 siswa dari kelas XI. Peneliti mengembangkan bahan ajar yang berbasis model Learning Cycle 5E sebagai penunjang keefektifan belajar siswa. Bahan ajar tersebut telah divalidasi dan direview oleh dosen ahli dengan perolehan nilai persentase sebesar 96% sehingga dapat dikategorikan sangat layak digunakan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design dimana siswa mengerjakan soal pretest sebelum pembelajaran dan mengerjakan soal posttest setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang dilihat dari nilai pretest yang semula dari 30 29 menjadi 67 35 pada nilai posttest. Untuk memastikan adanya perbedaan nilai pretest dan posttest telah dilakukan uji-t sampel berpasangan yang diperoleh nilai t -11 473 (df 33) dengan signifikansi p 0 000. Besar peningkatan pemahaman konsep siswa ditinjau melalui perhitungan nilai N-gain dengan hasil 0 607 dimana nilai tersebut masuk dalam kategori medium atas. Berdasarkan hasil analisis secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest dan pretest sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Learning Cycle 5E terbukti efektif mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Peningkatan pemahaman konsep siswa didukung oleh peran bahan ajar yang telah dikembangkan sehingga meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |