Hubungan tingkat pendidikan, masa kerja dan pengembangan kepala sekolah dengan kemampuan pengelolaan peserta didik di SDN se-kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto / Wike Andriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan tingkat pendidikan, masa kerja dan pengembangan kepala sekolah dengan kemampuan pengelolaan peserta didik di SDN se-kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto / Wike Andriana

Wike Andriana (2009) Hubungan tingkat pendidikan, masa kerja dan pengembangan kepala sekolah dengan kemampuan pengelolaan peserta didik di SDN se-kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto / Wike Andriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan bertanggung jawab penuh atas berlangsungnya proses pendidikan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu unsur penting dalam lembaga pendidikan adalah kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai pimpinan hendaknya bertindak sebagai manajer dengan melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan sebaik mungkin salah satunya adalah kemampuan dalam mengelola peserta didik. Untuk dapat mengelola peserta didik dengan baik maka kepala sekolah setidaknya memiliki beberapa latar belakang yang memadai. Diantara latar belakang tersebut adalah tingkat pendidikan masa kerja dan pengembangan kepala sekolah. Jika kepala sekolah memiliki ketiga latar belakang tersebut maka kepala sekolah kemungkinan dapat dianggap memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa tingkat pendidikan kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (2) seberapa masa kerja Kepala SDN Se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (3) seberapa pengembangan Kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (4) seberapa pengelolaan peserta didik oleh Kepala SDN Se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (5) adakah hubungan tingkat pendidikan masa kerja dan pengembangan kepala sekolah dengan kemampuan pengelolaan peserta di SDN se-Kecamatan Gedeg kabupaten Mojokerto (6) manakah yang paling dominan pengaruhnya antara tingkat pendidikan masa kerja dan pengembangan kepala sekolah terhadap pengelolaan peserta didik di SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto dan (7) seberapa besar sumbangan efektif tingkat pendidikan masa kerja dan pengembangan kepala sekolah terhadap kemampuan pengelolaan peserta didik di SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto . Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat pendidikan kepala SDN Se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (2) masa kerja Kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (3) pengembangan kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (4) kemampuan pengelolaan peserta didik oleh Kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (5) Hubungan tingkat pendidikan masa kerja dan pengembangan kepala sekolah dengan kemampuan pengelolaan peserta didik di SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto (6) pengaruh yang paling dominan antara tingkat pendidikan masa kerja dan pengembangan kepala sekolah terhadap pengelolaan peserta didik di SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto dan (7) sumbangan efektif tingkat pendidikan masa kerja dan pengembangan kepala sekolah terhadap kemampuan pengelolaan peserta didik di SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Metode dan jenis penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dengan populasi dan sampel penelitian seluruh kepala sekolah yang ada di SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 30 orang dari 30 SD Negeri. Instrumen pengumpul data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) tingkat pendidikan Kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto tergolong tinggi karena mayoritas (50% 7%) atau 57 % berada pada kualifikasi tingkat pendidikan S1. (2) masa kerja Kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto tergolong lama karena mayoritas (27% 37%) atau 64% berada pada masa kerja mereka 9 tahun ke atas.(3) pengembangan Kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto tergolong banyak karena mayoritas (40% 27%) atau 67 % berada pada jumlah pengembangan 7 kali ke atas. (4) pengelolaan peserta didik oleh Kepala SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto sangat baik. Sebanyak 30 orang atau 100% berada dalam kualifikasi sangat baik (5) secara bersama-sama ada hubungan antara tingkat pendidikan masa kerja dan pengembangan kepala sekolah dengan pengelolaan peserta didik di SDN se-Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Nilai signifikansi yang diperoleh yaitu F 0 002

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item View Item