Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model stem-pjbl (project based learning) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi alat optik / Faridhotuz Zulfa Khusnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model stem-pjbl (project based learning) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi alat optik / Faridhotuz Zulfa Khusnaini

Khusnaini, Faridhotuz Zulfa Khusnaini (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model stem-pjbl (project based learning) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi alat optik / Faridhotuz Zulfa Khusnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia pada tahun 2022 menurun 13 poin dari tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM-PjBL untuk diketahui efektifitasnya dalam meningkatkan literasi sains dan diuji validitas serta kepraktisannya. Peneliti sebelumnya telah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model STEM-PjBL namun perangkat tersebut hanya difokuskan pada pembelajaran mandiri. Sementara dalam penelitian ini perangkat dirancang untuk digunakan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian RnD dengan model ADDIE. Subjek penelitian untuk kelompok eksperimen adalah siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Trenggalek sedangkan kelompok kontrol adalah siswa kelas XI IPA 7 MAN 1 Trenggalek. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Perangkat pembelajaraan dengan model STEM-PjBL memenuhi kriteria validitas dan layak diguanakan untuk uji coba lapangan. (2) Perangkat pembelajaran memiliki nilai kepraktisan sebesar 93 46% dengan kategori sangat praktis (3) Perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan literasi sains pada kels eksperimen dengan nilai N-Gain (%) sebesar 83 32 % dan mempunyai kategori efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311199

Actions (login required)

View Item View Item