Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran fisika materi gerak lurus untuk mengurangi miskonsepsi siswa sma / Rizkia Novita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran fisika materi gerak lurus untuk mengurangi miskonsepsi siswa sma / Rizkia Novita

Novita, Rizkia Novita (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran fisika materi gerak lurus untuk mengurangi miskonsepsi siswa sma / Rizkia Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis android materi gerak lurus kelas X tingkat SMA. Latar belakang pengembangan ini adalah kurang pemahaman terhadap konsep-konsep dan adanya miskonsepsi (kesalahan konsep) yang terkait mata pelajaran fisika pada materi gerak lurus. Dengan bantuan media pembelajaran yang dikembangkan ini diharapkan siswa memahami konsep dan tidak mengalami miskonsepsi terhadap materi gerak lurus. Metode yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode ADDIE yang dirumuskan oleh Dick and Carry tahun 1996 dengan langkah-langkah meliputi analysis yaitu media pembelajaran berbasis android dianggap dapat menghilangkan ketidaktahuan konsep atau miskonsepsi terhadap materi pelajaran gerak lurus dikalangan siswa SMA design yaitu menyusun rancangan media pembelajaran berbasis android secara teoritis development yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis android implementation yaitu menerapkan aplikasi pada kelompok percobaan dan evaluating yaitu menilai keefektivan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Data yang dianalisis adalah data studi literatur dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data test dan non test dianalisis dengan penskoran. Hasil pengembangan media pembelajaran memiliki kelayakan yang tinggi berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dengan nilai rata-rata 93 89 % secara rinci dari segi materi 91% (sangat layak) soal 93% (sangat layak) dan impact 100% (sangat layak). Sedangkan keterbacaan media dari hasil penilaian ahli media rata-rata 98% (sangat baik) yang secara rinci meliputi keterlaksanaan 95% (sangat baik) tampilan visual 100 % (sangat baik) Rekayasa perangkat lunak 95 % (sangat baik) dan impact 100% (sangat baik).Rata-rata penilaian ahli materi dan ahli media secara keseluruhan 95 95% (sangat baik). Dari hasil implementasi di lapangan aplikasi media pembelajaran ini memiliki keterandalan dalam meminimalisir miskonsepsi dan ketidakpahaman konsep materi gerak lurus pada siswa SMA yang ditunjukkan oleh hasil perbandingan pretest dan posttest dengan N-Gain skor sebesar 0 72 (tinggi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311198

Actions (login required)

View Item View Item