Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri berbasis pjbl-stem dan berbantuan media simulasi virtual pada materi fluida dinamis siswa sma kelas xi sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis / Resi Bismantara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri berbasis pjbl-stem dan berbantuan media simulasi virtual pada materi fluida dinamis siswa sma kelas xi sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis / Resi Bismantara

Bismantara, Resi Bismantara (2023) Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri berbasis pjbl-stem dan berbantuan media simulasi virtual pada materi fluida dinamis siswa sma kelas xi sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis / Resi Bismantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis PjBL-STEM merupakan media pembelajaran yang dirancang secara sistematis untuk membantu siswa dalam belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan UKBM Berbasis PjBL-STEM dan Berbantuan Media Simulasi Virtual pada Materi Fluida Dinamis Siswa SMA Kelas XI sebagai Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan mengetahui tingkat kelayakan UKBM sehingga layak digunakan. Jenis penelitian yang dikembangkan adalah Research and Development (R amp D) dengan menggunakan metode Brog and Gall. Subjek penelitian ini adalah 98 siswa kelas XI jurusan IPA SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan dari hasil validasi UKBM validasi RPP validasi soal pretest-posttest uji empiris soal pretest-posttest dan uji keterbacaan UKBM oleh siswa kelas XI. Hasil validasi ahli media UKBM sebesar 91 71 % dengan katerori sangat layak. Hasil validasi ahli materi UKBM sebesar 93 2% dengan katerori sangat layak. Hasil validasi RPP sebesar 97 10% dengan kategori sangat layak. Lalu untuk validasi soal pretest-posttest diperoleh nilai 3 53 yang artinya valid tanpa perbaikan. Pada hasil uji empiris didapatkan 9 dari 10 soal pretest-posttest valid. Kemudian untuk uji reliabilitas soal pretest-posttest didapatkan hasil 0 763 yang artinya keduanya reliabel. Hasil uji keterbacaan UKBM sebesar 84 48% dengan kategori sangat terbaca. Dengan demikian UKBM RPP dan soal pretest-posttest ini layak dan sangat terbaca. Rekomendasi penelitian mendatang adalah uji efektivitas UKBM di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311193

Actions (login required)

View Item View Item