Pengaruh persepsi konsumen tentang periklanan IM3 pada media televisi terhadap pembentukan kesadaran merek (Studi kasus Mahasiswa Pengguna Kartu Seluler Prabayar IM3 di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Galih Purwo Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi konsumen tentang periklanan IM3 pada media televisi terhadap pembentukan kesadaran merek (Studi kasus Mahasiswa Pengguna Kartu Seluler Prabayar IM3 di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Galih Purwo Nugroho

Nugroho, Galih Purwo (2011) Pengaruh persepsi konsumen tentang periklanan IM3 pada media televisi terhadap pembentukan kesadaran merek (Studi kasus Mahasiswa Pengguna Kartu Seluler Prabayar IM3 di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Galih Purwo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Periklanan pada media televisi kesadaran merek. Peranan iklan sebagai alat komunikasi pemasaran sangatlah penting. Bagaimanapun bagusnya kualitas sebuah produk akan menjadi sia-sia jika konsumen tidak mengetahuinya. Banyak terdapat media periklanan yang dapat digunakan produsen namun dewasa ini televisi merupakan media yang paling banyak digunakan oleh produsen dalam mengiklankan produknya. Tujuan periklanan yang bersifat informative dapat membentuk sebuah kesadaran konsumen terhadap sebuah produk. Frekuensi periklanan merupakan jumlah repetisi penayangan iklan yang diterima oleh konsumen. Iklan pada media televisi umumnya mempunyai daya tarik yang lebih baik daripada media yang lain. Di samping itu televisi merupakan media yang efektif guna mengkomunikasikan sebuah merek. Sehingga dapat dikatakan jika televisi merupakan media yang tepat dalam mengkomunikasikan sebuah produk. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel-variabel periklanan pada media televisi yang mempengaruhi kesadaran merek. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu periklanan pada media televisi sebagai variabel independen (X) dan kesadaran merek sebagai variabel dependen (Y). Variabel independen (X) terdiri dari tujuan (X1) frekuensi (X2) daya tarik (X3) keefektifan (X4) dan ketepatan media (X5). Sedangkan variabel dependennya adalah kesadaran merek (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanasi. Populasi yang dipilih adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2010 yang menggunakan kartu seluler prabayar IM3 dengan sampel sebanyak 122 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportionate random sampling. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan kedua puluh tiga item pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik model regresi memenuhi asumsi normalitas dan layak dipakai tidak terjadi multikolinieritas dan tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda (multiple regression) Hasil yang didapat melalui penyebaran kuesioner tertutup menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara tujuan frekuensi daya tarik keefektifan dan ketepatan media periklanan IM3 pada media televisi secara parsial dan simultan terhadap pembentukan kesadaran merek kartu seluler prabayar IM3 (2) Variabel yang paling dominan mempengaruhi kesadaran merek kartu seluler prabayar IM3 adalah daya tarik periklanan IM3 pada media televisi. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) hendaknya IM3 memperluas segmen pasar tujuan penayangan iklan (2)hendaknya Indosat mengintensifkan frekuensi penayangan iklan IM3 pada jam prime time (3) iklan IM3 pada media televisi hendaknya dibuat lebih kreatif menghibur dan durasinya diperpanjang agar meningkatkan daya tarik terhadap konsumen (4) Indosat hendaknya meyampaikan pesannya pada iklan IM3 di media televisi seacara lebih jelas lagi dan tidak berbelit-belit agar iklan tersebut dapat diterima dan dipercaya konsumen (5) hendaknya Indosat tetap mengiklankan IM3 pada media televisi dan (6) penelitian lanjutan perlu dilakukan dengan memperluas variabel maupun pengembangan indikator serta item lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31117

Actions (login required)

View Item View Item