Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian (Studi pada Konsumen Rokok Gudang Garam Internasional di Kota Malang) / Achmad Rochim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian (Studi pada Konsumen Rokok Gudang Garam Internasional di Kota Malang) / Achmad Rochim

Rochim, Achmad (2011) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian (Studi pada Konsumen Rokok Gudang Garam Internasional di Kota Malang) / Achmad Rochim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci FaktorPsikologis KeputusanPembelian. Pada dasarnya tiap perusahaan memiliki niatan dan tujuan untuk bisa meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Dunia persaingansaatini banyakprodusenterusberupayauntukberinovasidalampengembanganproduknya. Salah satu rokok yang terkemuka di Indonesia adalahrokok Gudang Garam International yang di produksioleh PT Gudang Garam Tbk. Persaingan yang kian ketat diantaraprodusenrokok sejenis dan ditambah dengan adanya kebijakan dari pemerintah berupa himbauan mengenai bahaya merokok menuntut PT Gudang Garam Tbk untukmenganalisisperilakukeputusanpembeliankonsumen. Masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut (1) bagaimana deskripsi faktorpsikologis(meliputi motivasi persepsi pembelajaran serta keyakinan dan sikap) (2) bagaimana deskripsi keputusanpembelian konsumenrokok Gudang Garam International (3) apakah faktorpsikologis(motivasi persepsi pembelajaran serta keyakinan dan sikap) berpengaruh secara parsialterhadapkeputusanpembelian konsumenrokok Gudang Garam International (4) apakahfaktorpsikologis (motivasi persepsi pembelajaran serta keyakinan dan sikap)berpengaruh secara simultan terhadapkeputusanpembelian konsumenrokok Gudang Garam International. Variabel bebas dalam penelitianini terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) keyakinan dan sikap (X4)sertavariabel terikatnya adalah keputusanpembelian(Y). Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif dan kausalitas. Populasi dalampenelitian ini adalah konsumen rokok Gudang Garam International di Kota Malang. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite populationdengan menggunakan 945 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak138 responden.Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan accidentalsamplinguntuk menyebarkan kuesioner kepada responden.Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap terhadap keputusan pembelian konsumen rokok Gudang Garam International di Kota Malang tergolong cukup baik (2) motivasi tidak berpengaruh secara positif yang signifikan terhadapkeputusanpembelian rokok Gudang Garam International (3) persepsi berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusanpembelian rokok Gudang Garam International (4) pembelajaran berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusanpembelian rokok Gudang Garam International (5) keyakinan dan sikap berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusanpembelian rokok Gudang Garam International dan (6) faktorpsikologis secara simultan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusanpembelian rokok Gudang Garam International. Saran dalam penelitian ini adalah (1) konsumen rokok Gudang Garam International banyak tersebar di seluruh Indonesia khususnya di Kota Malang oleh karena itu produsen harus bisa menjaga dan mempertahankan kualitasproduknya. (2)produsenrokok Gudang Garam International harus tetapmenjaga faktorpsikologis yang telah dimiliki konsumennya termasukkonsumen rokok Gudang Garam International di Kota Malang agar keputusanpembelian tetap terjaga sehingga meminimalkan kemungkinan konsumen berpindah ke merek lain. (3) untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel selain variabel dalam penelitian ini seperti atribut produk dan kepercayaan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31116

Actions (login required)

View Item View Item