Herdianto, Jefri (2011) Pengaruh atribut produk terhadap proses keputusan pembelian helm merek INK (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010 Universitas Negeri Malang) / Jefri Herdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Atribut Produk (Merek Harga Kualitas dan Desain) Proses Keputusan Pembelian. Pemasaran merupakan hal yang penting bagi keberhasilan sebuah perusahaan. Penerapan bauran pemasaran terdiri dari produk harga tempat dan promosi. Produk merupakan pertimbangan utama konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian. Atribut produk adalah unsur-unsur yang melekat pada sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh atribut produk yang dalam penelitian ini dijabarkan dalam empat sub variabel yaitu merek harga kualitas dan desain terhadap proses keputusan pembelian helm merek INK pada konsumen mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010 Universitas Negeri Malang baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010 Universitas Negeri Malang yang memiliki atau memakai helm merek INK. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Pengolahan data menggunakan program SPSS 17 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) variabel merek harga kualitas dan desain secara parsial berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian helm merek INK sehingga Ho ditolak. (2) Secara simultan variabel atribut produk yang terdiri dari merek harga kualitas dan desain berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian sehingga Ho ditolak. (3) Variabel bebas yang berpengaruh dominan adalah variabel desain. Temuan dalam penelitian ini berimplikasikan bahwa peningkatan atau penurunan pada proses keputusan pembelian helm merek INK oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010 Universitas Negeri Malang dipengaruhi oleh variabel merek harga kualitas dan desain. Dengan demikian disarankan (1) bagi produsen helm INK diharapkan untuk lebih kreatif dan inovatif lagi dalam merancang desain helmnya serta menambahkan atribut baru agar lebih menarik konsumen khususnya dari kalangan mahasiswa. (2) Bagi peneliti lain di masa mendatang apabila menggunakan variabel atribut produk sebagai variabel bebasnya sebaiknya menambahkan sub variabel lain seperti garansi kemasan atau layanan pendukung sehingga lebih lengkap dan melibatkan konsumen yang lebih luas lingkupnya untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih signifikan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |