Pengaruh Brand image dan faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian produk merek luar Negeri (Studi pada konsumen Planet Surf Store di Kota Malang) / Rizki Ardy Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Brand image dan faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian produk merek luar Negeri (Studi pada konsumen Planet Surf Store di Kota Malang) / Rizki Ardy Pratama

Pratama, Rizki Ardy (2011) Pengaruh Brand image dan faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian produk merek luar Negeri (Studi pada konsumen Planet Surf Store di Kota Malang) / Rizki Ardy Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci brand image faktor psikologis keputusan pembelian Banyak hal yang membuat suatu produk tetap bertahan selama bertahun-tahun dipasaran. Salah satunya adalah dengan citra merek yang baik di mata konsumen. Brand yang baik merupakan salah satu asset bagi perusahaan karena brand tersebut mempunyai suatu dampak pada setiap persepsi konsumen dimana masyarakat akan mempunyai kesan positif terhadap produk dan perusahaan. Dan untuk mempertahankan dan meningkatkan pasar konsumen diperlukan image dan persepsi yang baik terhadap produk dan perusahaan. Image/citra yang dibutuhkan suatu produk adalah apabila produk tersebut mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yaitu dengan cara membuat serta mengembangkan produk sesuai dengan harapan dan selera konsumen mutu dan kualitas yang terjamin serta sistem penyampaian produk sehingga konsumen dapat dengan mudah memperoleh produk-produk tersebut. Selain brand image dari produk dalam memahami prilaku konsumen agar mau memutuskan pembeliannya pada suatu produk perusahaan harus terlebih dahulu mengerti atau paham tentang karakteristik konsumen mulai dari rangsangan dari luar maupun perasaan yang timbul dari dirinya sendiri. Salah satu faktor itu adalah faktor psikologis yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti sikap persepsi motivasi pembelajaran serta keyakinan dan sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi brand image dan faktor psikologis konsumen produk merek luar negeri di Planet Surf store Kota Malang mengetahui pengaruh variabel brand image (X1) dan faktor psikologis (X2) secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) produk merek luar negeri di Planet Surf store Kota Malang dan mengetahui sub variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk merek luar negeri di Planet Surf store Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen produk merek luar negeri di Planet Surf store Kota Malang dengan jumlah sampel sejumlah 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling insidental dan snowball sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa brand image (X1) dan faktor psikologis (X2) mempunyai nilai thitung masing-masing 2 532 dan 5 906 sedangkan nilai Fhitung sebesar 38 598 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lebih kecil dari nilai 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan brand image (X1) dan faktor psikologis (X2) konsumen produk merek luar negeri di Planet Surf store Kota Malang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) secara parsial. Sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk merek luar negeri di Planet Surf store Kota Malang adalah faktor psikologis (X2). Planet Surf store hendaknya selalu memperhatikan perkembangan faktor psikologis konsumen dengan cara mempertahankan image yang baik yang sudah ada dibenak konsumen dengan meningkatkan promosi-promosi di media cetak elektronik online serta event-event anak muda meng-ondorse artis-artis lokal maupun luar negeri yang menunjukkan karakter dari Planet Surf store itu sendiri. Membuat konsumen tetap percaya akan kualitas dan kebanggaan ketika konsumen memakai produk-produk yang dijual adalah menjadi sangat penting. Untuk peneliti lain yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini yaitu untuk mencoba melakukan penelitian pada tempat dan produk yang lain agar nantinya hasil penelitian yang diperoleh dapat dijadikan sebagai perbandingan bagaimana pengaruh brand image dan faktor psikologis serta faktor-faktor lain yang memungkinkan adanya pengaruh terhadap keputusan pembelian untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31113

Actions (login required)

View Item View Item