Pengaruh strategi bauran pemasaran ritel (retailing mixed) terhadap loyalitas konsumen (Studi pada konsumen Mayang Collection cabang WR. Supratman dan Dinoyo) / Agung Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi bauran pemasaran ritel (retailing mixed) terhadap loyalitas konsumen (Studi pada konsumen Mayang Collection cabang WR. Supratman dan Dinoyo) / Agung Kurniawan

Kurniawan, Agung (2011) Pengaruh strategi bauran pemasaran ritel (retailing mixed) terhadap loyalitas konsumen (Studi pada konsumen Mayang Collection cabang WR. Supratman dan Dinoyo) / Agung Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bauran pemasaran ritel keragaman produk harga promosi layanan atmosfer toko loyalitas. Persaingan antara peritel-peritel modern di Kota Malang cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan berjamurnya berbagai macam ritel dalam bidang konveksi khususnya busana kerja dan muslim. Dapat di lihat mulai dari adanya Factory Outlet semacam Glamour SportMania serta mulai berkembangnya distro yang mengkhususkan pada trend anak muda saat ini seperti Inspired Unkl347 OuvlResearch Bandung Sport serta masih banyak lain yang mulai berebut konsumen. Mengingat amat tingginya tingkat persaingan dalam bisnis konveksi ini maka Mayang Collection mereka harus segera mengkombinasikan strategi bauran pemasaran eceran agar pelanggan tetap loyal kepada Mayang Collection. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi bauran pemasaran ritel (keragaman produk harga promosi layanan dan atmosfer toko) dan loyalitas pada konsumen Mayang Collection. (2) Pengaruh keragaman produk harga promosi layanan dan atmosfer toko secara parsial terhadap loyalitas pada konsumen Mayang Collection. (3) Pengaruh keragaman produk harga promosi layanan dan atmosfer toko secara simultan terhadap loyalitas pada konsumen Mayang Collection. (4) Dimensi bauran pemasaran yang dominan pengaruhnya terhadap loyalitas pada konsumen Mayang Collection. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Mayang Collection yang jumlah 1500 orang. Waktu penyebaran kuesioner dilaksanakan pada minggu kedua bulan Mei 2011. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 94 orang. Teknik sampling menggunakan teknik Accidental Sampling. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap dengan menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) 74 50% (70 responden) menjawab setuju tentang keragaman produk 46 81% (44 responden) menjawab cukup setuju tentang harga 74 45% (70 responden) menjawab setuju tentang promosi 78 6% (74 responden) menjawab setuju tentang layanan 65 00% (61 responden) menjawab setuju tentang atmosfer toko dan 81 91% (77 responden) menjawab setuju tentang loyalitas (2) Keragaman produk (X1) Harga (X2) Promosi (X3) Layanan (X4) dan Atmosfer toko (X5) mempunyai nilai thitung masing masing (2 953 2 572 3 423 3 646 3 967) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan Bauran Pemasaran Ritel yang terdiri dari Keragaman produk (X1) Harga (X2) Promosi (X3) Layanan (X4) dan Atmosfer toko (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) secara parsial (3) nilai Fhitung sebesar 34 869 dengan tingkat signifikansi 0 000 lebih kecil dari nilai 945 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan Bauran Pemasaran Ritel yang terdiri dari Keragaman produk (X1) Harga (X2) Promosi (X3) Layanan (X4) dan Atmosfer toko (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) secara simultan (4) Diketahui pula Adjusted R Square sebesar 0 646 ini berarti bahwa pengaruh Bauran Pemasaran Ritel terhadap Loyalitas Konsumen Mayang Collection Kota Malang sebesar 64 6% sedangkan sisanya sebesar 35 4% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap Loyalitas Konsumen adalah Atmosfer Toko (X5) sebesar 15 21%. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Sebaiknya pihak rumah Mayang Collection Kota Malang menambahkan jenis produk yang lebih up to date menggencarkan promosi selain dari media elektronik juga melalui media cetak seperti majalah tabloid dan koran sehingga bisa lebih menjangkau masyarakat dalam jumlah besar. Selain itu pula juga lebih meningkatkan pelayanan yang sudah ada sehingga konsumen nyaman dan loyal dalam berbelanja pada Mayang Collection Kota Malang dan (2) Kepada peneliti lain yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaliknya melakukan penelitian terhadap faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi loyalitas konsumen seperti faktor psikologis brand image dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31112

Actions (login required)

View Item View Item