Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian laptop acer (Studi pada mahasiswa pengguna laptop acer di Universitas Negeri Malang) / Fitria Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian laptop acer (Studi pada mahasiswa pengguna laptop acer di Universitas Negeri Malang) / Fitria Wulandari

Wulandari, Fitria (2011) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian laptop acer (Studi pada mahasiswa pengguna laptop acer di Universitas Negeri Malang) / Fitria Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Faktor Psikologis Keputusan Pembelian Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang sangat tinggi. Laptop merupakan salah satu produk elektronik yang mengalami kemajuan dan sudah dikenal sangat luas di Indonesia dan di dunia dan salah satu merek laptop yang paling diminati saat ini yaitu laptop Acer. Untuk menentukan pilihan biasanya konsumen akan membuat suatu keputusan pembelian dimana keputusan yang sering diambil adalah keputusan tentang jenis produk yang akan dibeli merek apa yang akan dibeli berapa harganya serta bagaimana kualitasnya. Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang timbul dari dalam diri konsumen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli laptop Acer di Universitas Negeri Malang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) yang terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) dan sikap (X4) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Korelasional. Populasi yang diambil adalah mahasiswa pengguna laptop Acer di Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling diperoleh sampel sejumlah 140 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor psikologis konsumen tentang laptop Acer cukup tinggi dan keputusan pembelian konsumen terhadap laptop Acer tergolong tinggi. (2) Faktor psikologis yang terdiri dari motivasi persepsi pembelajaran dan sikap secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian laptop Acer di Universitas Negeri Malang. (3) Faktor psikologis yang terdiri dari motivasi persepsi pembelajaran dan sikap secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian laptop Acer di Universitas Negeri Malang. (4) Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah variabel pembelajaran. Saran yang direkomendasikan terkait hasil penelitian adalah (1) Perusahaan Acer harus tetap menampilkan kelebihan dan kelemahan laptop Acer secara detail dan menyediakan spesifikasi laptop Acer secara lengkap di situs maupun majalah-majalah elektronik yang ada. (2) Perusahaan Acer harus menghadirkan laptop dengan fiture lengkap tetapi dengan harga yang relative terjangkau dan memiliki ketahanan baterai yang baik. (3) Konsumen harus lebih selektif dalam memilih laptop tidak hanya melihat fiture yang lengkap dengan harga terjangkau tetapi juga diperhatikan komponen-komponen yang ada dalam laptop tersebut agar laptop yang dipilih nantinya tidak mengecewakan dan sesuai dengan keinginan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31110

Actions (login required)

View Item View Item