Pengaruh stress kerja terhadap kinerja karyawan dengan locus of control sebagai variabel moderating (studi pada perusahaan Jasa Tirta 1 Malang) / Tituk Kawedhar Alam

Alam, Tituk Kawedhar (2011) Pengaruh stress kerja terhadap kinerja karyawan dengan locus of control sebagai variabel moderating (studi pada perusahaan Jasa Tirta 1 Malang) / Tituk Kawedhar Alam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Stres Kerja, Locus of Control, Kinerja Penilaian kinerja individu sangat bermanfaat bagi dinamika pertumbuhan organisasi secara keseluruhan, melalui penilaian tersebut maka dapat diketahui kondisi sebenarnya tentang bagaimana kinerja karyawan.Namun kenyataan yang terjadi dalam kehidupan, tidak semua individu mempunyai kemampuan yang mencukupi untuk mengatasi berbagai persoalan dan tuntutan lingkungan kerja. Masalah tersebut dipengaruhi oleh faktor individual, antara lain berupa stress kerja.Selain hal mengenai stress kerjamasih ada lagi faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan yaitu locus of control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kinerja dengan locus of controlsebagai variabel moderating di Perum Jasa Tirta I Malang. Penelitian ini dilakukan di Perum Jasa Tirta I Malang, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Perum Jasa Tirta I Malang yang berjumlah 275 karyawan, sedangkan sampelnya diambil sebanyak 163 karyawan dan teknik pengambilan sampel berupa Quota sampling. Analisis data yang dipakai adalah analisis regresi berganda (multiple regression analysis) Variabel dalam penelitian ini, terdiri dari variabel bebas (X1) Stres Kerja variabel moderating (X2) Locus of Control, dan variabel terikat (Y) Kinerja karyawan. Datadiperoleh dengan menggunakan beberapa cara, antara lain: angket, dan observasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan LOC eksternal akan meningkatkan pengaruh stress kerja terhadap kinerja, penurunan LOC eksternal akan menurunkan pengaruh stress kerja terhadap kinerja, peningkatan LOC internal akan menurunkan pengaruh stress kerja terhadap kinerja, dan penurunan LOC internal akan meningkatkan pengaruh stress kerja terhadap kinerja. Saran yang bisa diberikan adalahbagi pihak Perum Jasa Tirta I Malang untuk mempertahankan dan meningkatkan meningkatkan internal locus of control dengan cara memberikan banyak pelatihan, baik pelatihan soft skill dan pelatihan kemampuan. Dan mengurangi eksternal locus of control dengan cara memberikan pelatihan (ESQ) dan pemberian motivasi kepada karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31109

Actions (login required)

View Item View Item