Diyahayudya, Citra (2011) Pengaruh lokasi toko dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen Indomaret (studi pada konsumen Indomaret CV Panen Rizki Jl. Veteran 76 Blitar) / Citra Diyahayudya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Lokasi Toko Kualitas Layanan dan Loyalitas Konsumen. Bisnis Ritel seperti Indomaret merupakan bisnis yang menguntungkan. Indomaret sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat terbukti dengan banyaknya konsumen yang memilih berbelanja di Indomaret. Semakin ketatnya persaingan dalam menjalankan bisnis ritel hal ini membuat PT. Indomarco Prismatama harus mempunyai strategi lain untuk meningkatkan jumlah konsumen yang loyal. Konsumen yang loyal pada Indomaret mereka tidak akan pindah pada toko ritel lain. Dengan adanya lokasi toko yang strategis dan mudah dijangkau serta kualitas layanan yang cukup baik akan membuat konsumen mejadi loyal. Sehingga membuat konsumen tetap berbelanja di Indomaret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi keadaan lokasi toko kualitas layanan dan loyalitas konsumen Indomaret CV. Panen Rizki Blitar dan mengetahui pengaruh variabel lokasi toko dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini mempunyai tiga variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas terdiri dari lokasi toko (X1) dan kualitas layanan (X2) sedangkan variabel terikatnya (Y) yaitu loyalitas konsumen Indomaret. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau berbelanja lebih dari satu kali di Indomaret dengan jumlah sampel adalah 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan lokasi toko terhadap loyalitas konsumen Indomaret dengan nilai B 0 500 thitung 7 960 dengan signifikansinya 0 000 (2) ada pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen Indomaret dengan nilai B 0 522 thitung 8 316 dengan signifikansinya 0 000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lokasi toko dan kualitas layanan dapat mempengaruhi loyalitas konsumen Indomaret CV. Panen Rizki Blitar sebesar 63% sedangkan sisanya 37% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Dan variabel yang berpengaruh dominan dalam loyalitas konsumen di Indomaret adalah variabel kualitas layanan dengan nilai beta 0 522.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |