Pengaruh atribut produk terhadap proses pengambilan keputusan pembelian pelumas (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Didi Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk terhadap proses pengambilan keputusan pembelian pelumas (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Didi Nugraha

Nugraha, Didi (2011) Pengaruh atribut produk terhadap proses pengambilan keputusan pembelian pelumas (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Didi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci atribut produk harga merek kualitas kemasan proses keputusan pembelian. Perkembangan industri otomotif yang sangat pesat ditandai dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor khususnya sepeda motor yang mencapai 1 juta unit setiap tahunnya di Indonesia mengakibatkan kebutuhan akan produk pelengkapnya semakin tinggi karena mesin kendaraan bermotor tidak bisa dipisahkan dari zat yang bernama pelumas. Dengan pangsa pasar yang besar ini produsen-produsen pelumas berlomba untuk menjadi pemimpin pasar salah satunya dengan cara meningkatkan volume penjualan. Volume penjualan akan meningkat apabila keputusan pembelian konsumen juga meningkat. Salah satu strategi yang diyakini dapat mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan membeli sebuah produk adalah melalui atribut produk. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian mengenai pengaruh atribut produk terhadap proses keputusan pembelian pelumas Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran konsumen dalam mengambil keputusan pembelian pelumas pengaruh atribut produk baik secara parsial maupun simultan terhadap proses keputusan pembelian serta untuk mengetahui variabel atribut produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap proses keputusan pembelian. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna sepeda motor dan berperan sebagai pengambil keputusan pembelian pelumas untuk kendaraannya. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan jawaban. Instrumen penelitian diuji dengan validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan uji t dan uji F. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS 16 for Windows. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) gambaran konsumen dalam mengambil keputusan pembelian pelumas sudah baik (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan atribut produk secara parsial terhadap proses keputusan pembelian pelumas (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan atribut produk secara simultan terhadap proses keputusan pembelian pelumas (4) atribut produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap proses keputusan mahasiswa dalam membeli pelumas adalah kualitas produk. Saran dalam penelitian ini adalah (1) pihak produsen pelumas sebaiknya tetap mempertahankan kualitas pelumas yang beredar saat ini (2) pihak produsen pelumas hendaknya memperbaiki kemasan dari botol plastik agar tidak mudah dipalsukan (3) para penjual pelumas sebaiknya hanya menjual produk pelumas dari distributor resmi (4) para penjual pelumas diharapkan lebih memahami akan produk pelumas yang dijualnya (5) para pembeli sebaiknya memiliki pengetahuan akan produk pelumas yang beredar di pasaran (6) untuk penelitian selanjutnya objek penelitian diambil lebih baik agar data penelitian yang diperoleh lebih bervariasi dan ruang lingkupnya lebih luas (7) peneliti selanjutnya agar menambah jumlah variabel serta memperbaiki kekurangannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31101

Actions (login required)

View Item View Item