Persepsi guru terhadap program sertifikasi dan hubungannya dengan pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto / Erie Wahyu Priyatini - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap program sertifikasi dan hubungannya dengan pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto / Erie Wahyu Priyatini

Erie Wahyu Priyatini (2009) Persepsi guru terhadap program sertifikasi dan hubungannya dengan pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto / Erie Wahyu Priyatini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang suatu negara. Warga negara yang berpendidikan dapat membawa negara pada kondisi yang makmur dan sentosa. Salah satu komponen pendidikan yang penting adalah guru karena guru merupakan ujung tombak dari dunia pendidikan. Pemerintah berusaha meningkatkan kemampuan guru dengan cara memberlakukan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam UU ini Pemerintah mengharapkan agar guru mengikuti uji sertifikasi namun masih banyak guru yang belum memenuhi persyaratan untuk mengikuti uji tersebut. Guru sebagai tenaga pendidik selalu dituntut untuk mengembangkan kemampuan diri guna meningkatkan kualitas pengajarannya sehingga bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas. Namun bagaimana dengan kemauan guru untuk mengembangkan kemampuan diri tatkala guru terbentur dengan berbagai persepsi tentang program sertifikasi. Sepengetahuan penulis permasalahan inilah yang saat ini terjadi di kalangan guru di Indonesia oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang Persepsi Guru Terhadap Program Sertifikasi dan Hubungannya Dengan Pengembangan Kemampuan Profesional Guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto . Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah persepsi guru SDN terhadap program sertifikasi di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto (2) seberapa tingkat pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto (3) apakah ada hubungan antara persepsi guru terhadap program sertifikasi dan pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto . Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui persepsi guru SDN terhadap program sertifikasi di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto (2) untuk mengetahui tingkat pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto (3) untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru terhadap program sertifikasi dan pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto yang berstatus PNS dengan jumlah 221 orang dari 29 sekolah. Sedangkan sampel penelitian mengambil 20 sekolah dengan jumlah guru 140 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Area Proportional Random Sampling. Instrumen pengumpul data adalah teknik angket. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan korelasional Product Moment Pearson. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru SDN terhadap program sertifikasi di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto termasuk dalam kategori baik (2) tingkat pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto termasuk dalam kategori sangat tinggi (3) ada hubungan yang signifikan antara persepsi guru terhadap program sertifikasi dengan pengembangan kemampuan profesional guru SDN di Kecamatan Magersari Kota Mojokerto. Berdasarkan kesimpulan saran ditujukan kepada (1) kepala sekolah yaitu kepala sekolah hendaknya senantiasa memberikan dukungan kepada guru yang akan mengikuti uji sertifikasi dan memantau pengembangan kemampuan profesional guru (2) guru yaitu guru hendaknya selalu aktif mencari informasi seputar program sertifikasi dan mendukungnya dengan cara mengikuti uji sertifikasi serta mempertahankan tingkat pengembangan kemampuan profesional yang sudah sangat tinggi (3) Jurusan Administrasi Pendidikan yaitu Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya selalu memotivasi mahasiswa agar meneliti kebijakan terbaru dari Pemerintah dalam bidang pendidikan (4) peneliti lain yaitu hasil penelitian ini hendaknya dapat dikembangkan oleh peneliti lain dengan cara meneliti hal sama tetapi mengembangkannya dengan menambah variabelnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item