Putra, Arya Yudhistira Laksana (2012) Pengembangan media CD interaktif pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas X semester II tahun 2012 SMA Kertanegara Malang / Arya Yudhistira Laksana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan media pembelajaraninteraktif pelajaran TIK Media interaktifmerupakansalahsatu media alternative yang akandigunakanmenunjang proses pembelajaran. Kepraktisandankemudahanpenggunaan media interaktifinimembantusiswauntukbelajarsesuaidengan yang diharapkan karena media inimemilikialurkomunikasiduaarah.Pemanfaatan CD interaktifdenganpenggunaanlayarkomputerbaik di laboratoriumkomputersekolahmaupunkomputerpribadiiniakanmempermudah proses pembelajaransiswasecaramandiridanmemahamimateri yang sifatnyateoritis-praktis menciptakansituasidansuasanapembelajaran yang menarik meningkatkanmotivasisertapeningkatankerjasamaantarsiswa. Berdasarkanobservasi yang dilakukanpadatanggal 9 April 2012 diketahuibahwasekolahmemilikifasilitaslaboratoriumkomputer yang lengkapdandipakaiuntukmenunjangpembelajaranmatapelajaranTeknologiInformasidanKomunikasi.Namun SMA belummenerapkanpembelajaransecaraindividubagisiswasehinggapengembangan media CD interaktifinidirasasangatmungkindanperludilakukan di SMA Kertanegara Malang karenapembelajaran TIK tidakbisahanyamenggunakanmetodemengajarsecaraklasikaldanharusdipraktikkanlangsungsecaraindividu makadengan media inisiswa SMA Kertanegarabisamelaksanakanpembelajarantidakhanyadisekolahnamunjugapraktiklangsung di rumah. Tujuanpengembanganiniadalah Menghasilkan media pembelajaran CD interaktif yang layaksesuaidengankualitasteknisdanpemanfaatannyasebagai media pembelajaran di kelas X SMA Kertanegara Malang. Penelitianinitergolongpenelitianpengembangan dalampengertiansangatumum berartipertumbuhan perubahansecaraperlahan (evolusi) danperubahansecarabertahap.Dalambidangteknologipembelajaran (instructional technology) pengembanganmemilikiartisebagai proses menterjemahkanataumenjabarkanspesifikasirancangankedalambentukfisik. Ataudenganungkapan lain pengembanganberarti proses menghasilkanbahan-bahanpembelajaran. Dalam TEP istilahpengembangantersebutmemilikimaknakonsistendengancirifundamentalnya yaitusebagai proses pertumbuhandanmerupakansuatu proses yang kreatif. Berdasarkanujicoba yang telahdilaksanakankepadaahlimateri ahli media dansiswadapatdisimpulkanbahwa media pembelajaraninteraktiflayakatau valid digunakansebagai media pembelajaran TIK di kelas X semester II.Denganmasing-masingprosentasedari (1) Ahlimateri (95%) dengankriteria valid/layak (2) Ahli media (95%) dengankriteria valid/layak (3) Siswaperorangan (95 8%) dengankriteria valid/layak (4) Siswakelompokkecil (95%) dengankriteria valid/layak dan (5) UjicobaLapangan (92 87%) dengankriteria valid/layak. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah media CD interaktif yang dikembangkan termasuk valid/layak digunakan dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Kertanegara semester II pokok bahasan Penggunaan Perangkat Lunak Pengolah Kata. Saran dari pengembangan ini adalah 1) Bagi Guru Guru sebaiknya lebih mempelajarilangkah-langkahdandiperhatikan petunjuk pemanfaatan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. 2) BagiSiswa siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini harus mempunyai keterampilan dasar dalam pengoperasian komputer dan beberapa kemampuan dan keterampilan lainnya untuk mendukung penggunaan media ini.3) BagiPengembangselanjutnya hendaknya lebih bisa mengembangkan media interaktif lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |