Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen untuk melakukan pembelian secara online (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Novy Indarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen untuk melakukan pembelian secara online (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Novy Indarsih

Indarsih, Novy (2011) Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen untuk melakukan pembelian secara online (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Novy Indarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Faktor-Faktor Pertimbangan Melakukan Pembelian Online. Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi sistem perdagangan dan transaksi di dunia salah satunya dalam bidang pemasaran. Saat ini pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan internet seperti Online store. Online store adalah salah satu aplikasi dari business to consumer (B2C) yang menyediakan produk dan jasa melalui internet bagi konsumennya. Dalam melakukan kegiatan pembelian secara online banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan melakukan pembelian online. Faktor tersebut diantaranya harga kenyamanan kepercayaan dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam melakukan pembelian online dan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling dominan dalam pertimbangan melakukan pembelian online. Penelitian ini mempunyai satu variabel yaitu variabel bebas. Variabel bebas terdiri dari sub variabel yaitu faktor harga (X1) faktor kenyamanan (X2) faktor website (X3) faktor layanan pelangan (X4) faktor kepercayaan(X5) faktor keandalan (X6) faktor produk (X7) faktor pengalaman berbelanja (X8) dan faktor risiko (X9). Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang pernah melakukan pembelian online. Sampel yang diambil sebanyak 130 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling sedangkan skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Dianalisi dengan analisis faktor dengan tujuan untuk menyerdehanakan bentuk hubungan antar beberapa variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara faktor harga (X1) faktor kenyamanan (X2) faktor website (X3) faktor pelayanan pelanggan (X4) faktor kepercayaan (X5) faktor keandalan (X6) faktor produk (X7) faktor pengalaman berbelanja (X8) dan faktor risiko (X9) yang dirotasi faktor telah menjadi 11 variabel faktor yaitu antara lain (X1) faktor kenyamanan (X2) faktor website (X3) faktor kepercayaan (X4) faktor harga (X5) faktor pengalaman berbelanja (X6) faktor kepercayaan 2 (X7) faktor keandalan (X8) faktor pengalaman berbelanja 2 (X9) faktor keandalan 2 (X10) faktor kenadalan 3 dan (X11) faktor produk. Faktor kenyamanan merupakan faktor paling dominan dalam pertimbangan konsumen melakukan pembelian online karena memiliki nilai eigen value sebesar 7 695 dengan nilai variance 16 372. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi mahasiswa sebelum memutuskan pembelian online diharapkan memperhatikan faktor-faktor sebagai berikut faktor kenyamanan faktor website faktor kepercayaan faktor harga faktor pengalaman berbelanja faktor keandalan dan faktor produk sehingga mendapatkan hasil yang maksimal ketika melakukan pembelian online nantinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31099

Actions (login required)

View Item View Item