Pengaruh citra merek dan faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Suzuki (studi pada masyarakat Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang) / Miko Adit Andrean

Andrean, Miko Adit (2011) Pengaruh citra merek dan faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Suzuki (studi pada masyarakat Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang) / Miko Adit Andrean. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : citra merek, faktor psikologis, keputusan pembelian. Indonesia sebagai pangsa pasar besar dalam hal pemasaran sepeda motor terdapat kelompok merek sepeda motor yang mendominasi, sebagaimana dikethaui Suzuki sebagai produsen sepeda motor salah satu produsen terbesar hanya menempati urutan ketiga setelah Honda dan Yamaha. dengan adanya hal ini apakah keputusan pembelian sepeda motor Suzuki akan tetap bertahan atau malah terjadi penurunan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang yang memiliki sepeda motor Suzuki, yang jumlahnya telah diketahui dari hasil survei yang dilakukan oleh peneliti sebanyak 122 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 93 responden. Teknik sampling menggunakan sampel multi tahap. Tahapan teknik sampel multi tahap sebagai berikut: Teknik pengambilan sampel proporsi dilakukan untuk menentukan jumlah sampel dari banyaknya subjek di setiap Desa. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Berdasarkan analisis statistik deskriptif dapat diketahui kondisi citra merek, faktor psikologis dan keputusan pembelian yaitu sebagai berikut: (a) Sebagian besar responden menyatakan setuju dengan kondisi citra merek sepeda motor Suzuki. (b) Sebagian besar responden menyatakan sangat setuju dengan kondisi faktor psikologis konsumen sepeda motor Suzuki (c) Sebagian besar responden menyatakan setuju dengan kondisi keputusan pembelian sepeda motor Suzuki. (2) Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) Tidak terdapat pengaruh positif signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Suzuki. (b) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Suzuki. (c) Variabel faktor psikologis memberi pengaruh paling kuat daripada citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Suzuki. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Hendaknya Suzuki tidak hanya mengembangan motor pada produk saja, tapi juga lebih membangun citra merek yang kuat. (2) Melakukan penelitian terhadap faktor lain secara bersama-sama agara dapat mengetahui dan membandingkan pengaruh yang paling kuat yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, seperti iklan, selebriti endorser, layanan purnajual, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31096

Actions (login required)

View Item View Item