Ariyanti, Oktania Rufian Ariyanti (2024) Penggunaan e-modul untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada materi turunan fungsi trigonometri / Oktania Rufian Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan literasi numerasi sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Bukan hanya dalam lingkup sekolah namun juga diluar sekolah. Pada beberapa penelitian sebelumnya dikatakan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik masih tergolong rendah. Pemerintah juga telah berupaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satunya dengan mengganti ketentuan Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Tetapi upaya tersebut masih belum mampu untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Oleh karenanya penulis mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul yang akan berguna untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Dengan menggunakan metode pengembangan plomp penelitian ini dinilai valid dengan skor validitas 79 75% dengan kriteria interpretasi yaitu layak untuk digunakan dalam penelitian. Selain itu E-Modul dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi karena mendapatkan nilai indeks 2 34. Artinya adalah kemampuan tersebut termasuk dalam kategori di atas kompetensi minimum karena peserta didik berada pada tingkatan cakap bahkan lebih banyak peserta didik yang berada pada tingkatan mahir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/310949 |
Actions (login required)
View Item |