Pengaruh atribut produk dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda (studi pada masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu) / Hendrik D. Wijayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda (studi pada masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu) / Hendrik D. Wijayanto

Wijayanto, Hendrik D. (2011) Pengaruh atribut produk dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda (studi pada masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu) / Hendrik D. Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanto Hendrik D. 2011. Pengaruh Atribut Produk dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Merek Honda (Studi Pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata kunci atribut produk faktor psikologis keputusan pembelian. Persaingan industri otomotif yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk terus menerus meningkatkan daya tarik produk yang dihasilkan. Indonesia sebagai pangsa pasar besar dalam hal pemasaran sepeda motor terdapat kelompok merek sepeda motor yang mendominasi pasar dan saling bersaing di dalam pemasarannya yaitu Honda Yamaha Suzuki Kawasaki. Meskipun demikian Honda yang sudah lama berada di Indonesia dengan segala keunggulan yang dimilikinya tetap mampu bersaing dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh dan ekonomis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi atribut produk faktor psikologis dan keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu. (2) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu. (3) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu. (4) Variabel lebih kuat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu yang memiliki sepeda motor merek Honda yang jumlahnya telah diketahui dari hasil survei yang dilakukan oleh peneliti sebanyak 179 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 124 responden. Teknik sampling menggunakan sampel multi tahap (Multy Stage Sampling). Tahapan teknik sampel multi tahap sebagai berikut Teknik pengambilan sampel proporsi (proportional sampling) dilakukan untuk menentukan jumlah sampel dari banyaknya subjek di setiap RW Selanjutnya dilakukan dengan teknik simple random sampling melalui proses pengundian. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) 17 responden (13 71%) menjawab sangat setuju 107 responden (86 29%) menjawab setuju tentang atribut produk pada sepeda motor merek Honda (2) 27 responden (21 77%) menjawab sangat setuju 97 responden (78 23%) menjawab setuju tentang faktor psikologis konsumen sepeda motor merek Honda (3) 94 responden (75 81%) menjawab sangat setuju 28 responden (22 58%) menjawab setuju 2 responden (1 61%) menjawab cukup setuju tentang keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu dengan nilai B 0 310 dan sig t 0 000 terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu dengan nilai B 0 282 dan sig t 0 000 variabel atribut produk memberi pengaruh lebih kuat terhadap variabel keputusan pembelian konsumen dengan nilai R sebesar 0 649. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) Berdasarkan analisis statistik deskriptif dapat diketahui kondisi atribut produk faktor psikologis dan keputusan pembelian yaitu sebagai berikut (a) Sebagian besar responden menyatakan setuju dengan kondisi atribut probuk sepeda motor merek Honda. (b) Sebagian besar responden menyatakan setuju dengan kondisi faktor psikologis konsumen sepeda motor merek Honda. (c) Sebagian besar responden menyatakan sangat setuju dengan kondisi keputusan pembelian sepeda motor merek Honda. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu. (4) Variabel atribut produk memberi pengaruh lebih kuat daripada faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Honda pada Masyarakat Desa Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Kepada pihak perusahaan PT. Astra Honda Motor (a) Mengingat persaingan industri otomotif di Indonesia sangatlah ketat sebaiknya pihak perusahaan terus berinovasi dan meningkatkan kecanggihan teknologi pada sepeda motor merek Honda agar dapat menciptakan desain yang futuristik sesuai dengan kemajuan zaman serta menghasilkan sepeda motor dengan mesin tangguh hemat dalam pemakaian bahan bakar dan ramah lingkungan. (b) Selain meningkatkan atribut produk sebagai daya tarik utama pihak perusahaan harus lebih mendalami tentang psikologis konsumen agar produk sepeda motor Honda sesuai dengan keinginan pasar. (2) Peneliti lain sebaiknya melakukan penelitian terhadap faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian seperti iklan selebriti endorser layanan purnajual dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31094

Actions (login required)

View Item View Item