Analisis kemampuan berpikir intuitif matematis siswa dengan tingkat sikap skeptis siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret / Reza Salsabila Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berpikir intuitif matematis siswa dengan tingkat sikap skeptis siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret / Reza Salsabila Aulia

Aulia, Reza Salsabila Aulia (2024) Analisis kemampuan berpikir intuitif matematis siswa dengan tingkat sikap skeptis siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret / Reza Salsabila Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu ciri orang yang mempunyai watak berpikir kritis adalah melakukan aktivitas dengan skeptisisme. Sikap skeptis dapat mendorong seseorang untuk berpikiran kritis yang menimbulkan suatu keragu-raguan terhadap sesuatu pengetahuan yang diserap. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan intuitif pada siswa yang bersikap skeptis berdasarkan tingkatannya dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan tipe deskriptif eksploratif untuk menganalisa kemampuan berpikir intuitif siswa berdasarkan tingkat sikap skeptis siswa. Hasil penelitian diambil dari data siswa kelas X di SMA Negeri 9 Malang yang berjumlah 69 siswa. Data kuesioner memperoleh hasil sebanyak 29 siswa dengan sikap skeptis tinggi 35 siswa dengan sikap skeptis sedang dan 5 siswa dengan sikap skeptis rendah. Dari hasil kuesioner sikap skeptis diambil 6 sampel yang terdiri atas 2 siswa dari masing-masing tingkatan. Dalam menyelesaikan masalah matematika kemampuan berpikir intuitif yang digunakan subjek dengan sikap skeptis tinggi adalah Common Sense Power of Synthesis Catalic Inference. Kemampuan berpikir intuitif yang digunakan subjek dengan sikap skeptis sedang adalah Common Sense Catalic Inference Power of Synthesis. Kemampuan berpikir intuitif yang digunakan subjek dengan sikap skeptis rendah adalah Common Sense dan Catalic Inference.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/310932

Actions (login required)

View Item View Item