Pengaruh karakteristik celebrity endorser pada website Petersaysdenim terhadap brand image (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Muwarik Riski Kubro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh karakteristik celebrity endorser pada website Petersaysdenim terhadap brand image (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Muwarik Riski Kubro

Kubro, Muwarik Riski (2011) Pengaruh karakteristik celebrity endorser pada website Petersaysdenim terhadap brand image (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Muwarik Riski Kubro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Karakteristik Endorser Brand Image Pemakaian endorser merupakan salah satu bentuk strategi komunikasi pemasaran di dalam periklanan. Tujuan pemakaian endorser tersebut adalah untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan awareness serta brand image produk yang diiklankan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui deskripsi karakteristik endorser terhadap brand image Petersaysdenim pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) untuk mengetahui pengaruh karakteristik endorser (expertise trustworthiness attractiveness likeability dan meaningfulness) secara parsial terhadap brand image Petersaysdenim pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas negeri Malang (3) untuk mengetahui pengaruh karakteristik endorser (expertise trustworthiness attractiveness likeability dan meaningfulness) secara simultan terhadap brand image Petersaysdenim pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas negeri Malang dan (4) untuk mengetahui sub variabel karakteristik endorser yang dominan mempengaruhi brand image. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu Karakteristik Celebrity Endorser (X) dengan subvariabel Expertise (X1) Trustworthiness (X2) Attractiveness (X3) Likeability (X4) dan Meaningfulness (X5) sedangkan variabel terikat (Y) adalah Brand Image. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang mengetahui produk Petersaysdenim dan mengetahui/pernah mengunjungi Website Petersaysdenim. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan menggunakan 945 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan multy stage sampling (proportional sampling dan snowball sampling) untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Kuesioner dalam penelitian ini termasuk dalam kuesioner tertutup menggunakan Skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Expertise (X1) Trustworthiness (X2) Attractiveness (X3) Likeability (X4) dan Meaningfulness (X5) mempunyai nilai thitung masing-masing (2.573 2.824 3.158 2.290 3.308) sedangkan nilai Fhitung sebesar 38.757 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lebih kecil dari nilai 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) keadaan karakteristik endorser dapat dikatakan baik karena mayoritas responden memberikan penilaian sangat setuju dan setuju terhadap variabel (X) yang terdiri dari expertise trustworthiness attractiveness likeability dan meaningfulness) serta keadaan (Y) brand image (2) karakteristik endoser yang terdiri dari expertise trustworthiness attractiveness likeability dan meaningfulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image Petersaysdenim secara parsial (3) karakteristik endoser yang terdiri dari expertise trustworthiness attractiveness likeability dan Meaningfulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image Petersaysdenim secara simultan. (4) Sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap brand image Petersaysdenim adalah Meaningfulness (X5). Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini yaitu (1) hendaknya dalam mengkomunikasikan produk selanjutnya perusahaan dapat lebih memfokuskan pemilihan endorser pada faktor meaningfulness sesuai dengan hasil penelitian ini (2) perusahaan diharapkan juga melakukan kegiatan promosi diluar Website seperti di televisi atau media massa (3) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang hendaknya mempertimbangkan apakah harga yang ditawarkan oleh Petersaysdenim sebanding dengan kualitas yang diberikan karena sebagai Mahasiswa Fakultas Ekonomi hendaknya mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Petersaysdenim (4) ditujukan kepada masyarakat luas hendaknya lebih menghargai produk dalam negeri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31093

Actions (login required)

View Item View Item