Hubungan persepsi guru sekolah dasar negeri tentang program sertifikasi dan motivasi guru dalam mengikuti program sertifikasi di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Musfiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi guru sekolah dasar negeri tentang program sertifikasi dan motivasi guru dalam mengikuti program sertifikasi di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Musfiati

Musfiati (2009) Hubungan persepsi guru sekolah dasar negeri tentang program sertifikasi dan motivasi guru dalam mengikuti program sertifikasi di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Musfiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan sebagai salah satu proses pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas harus dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Guru sebagai pendidik memiliki peran yang besar dalam mensukseskan upaya tersebut. Kebijakan pemerintah dalam UU RI Nomor 14 tahun 2005 sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru menimbulkan persepsi yang berbeda di kalangan para guru. Sebagian guru merasa kebijakan ini perlu segera dilaksanakan namun ada yang berpendapat bahwa program ini memberatkan bagi guru. Sepengetahuan penulis permasalahan inilah yang saat ini terjadi di kalangan guru di Indonesia oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang Hubungan Persepsi Guru Sekolah Dasar Negeri tentang Program Sertifikasi dan Motivasi Guru dalam Mengikuti Program Sertifikasi di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan . Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional yang menggambarkan masing-masing variabel dan menghubungkan dua variabel yaitu persepsi guru SDN tentang program sertifikasi dan motivasi guru SDN dalam mengikuti program sertifikasi. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi (total sampling). Responden dalam penelitian ini adalah guru SDN yang memenuhi beberapa persyaratan untuk mengikuti program sertifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan angket responden. Uji validitas menggunakan korelasi biserial untuk instrumen tes dan menggunakan validitas item untuk instrumen angket. Selain menggunakan instrumen tes dan angket untuk mengumpulkan data teknik lain yang digunakan adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Korelasi dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan memiliki pengetahuan yang cukup tentang program sertifikasi. Tingkat pengetahuan guru SDN mempengaruhi persepsi guru SDN tentang program sertifikasi karena pengetahuan/pengenalan merupakan tahap awal dari persepsi. Persepsi guru SDN di Kecamatan Pandaan tentang program sertifikasi cukup baik dan motivasi guru SDN di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan dalam mengikuti program sertifikasi cukup tinggi. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi guru SDN di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan tentang program sertifikasi dan motivasi guru SDN di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan dalam mengikuti program sertifikasi. Berdasarkan hasil penelitian saran ditujukan kepada 1) Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P K) Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan seyogyanya dapat mencari sumber informasi terbaru dan paling akurat tentang program sertifikasi dan menyampaikan informasi tersebut kepada seluruh guru di Kecamatan Pandaan dengan cara yang tepat 2) sebaiknya kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Pandaan mampu menjaga suasana kerja yang kondusif terkait dengan kemungkinan munculnya kesenjangan antara guru yang mengikuti program sertifikasi dan guru yang belum mengikuti program sertifikasi 3) seyogyanya guru SDN di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan melaksanakan tertib administrasi dalam pengajaran 4) sebaiknya Jurusan Administrasi Pendidikan memotivasi mahasiswa untuk mengamati dan meneliti setiap kebijakan pendidikan dari pemerintah dan 5) sebaiknya peneliti lain yang ingin meneliti tentang hal yang sama dengan penelitian ini memiliki variabel penelitian yang berbeda sehingga kajian tentang program sertifikasi lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3109

Actions (login required)

View Item View Item