Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja (studi pada karyawan bagian tanaman PG. Kebon Agung, Malang) / Fajar Bayu Ardiansyah. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja (studi pada karyawan bagian tanaman PG. Kebon Agung, Malang) / Fajar Bayu Ardiansyah.

Ardiansyah, Fajar Bayu (2011) Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja (studi pada karyawan bagian tanaman PG. Kebon Agung, Malang) / Fajar Bayu Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Budaya Organisasi Kepuasan Kerja Budaya organisasi penting karena merupakan kebiasaan-kebiasan yang terjadi dalam hirarki organisasi yang mewakili norma-norma perilaku yang diikuti oleh para anggota organisasi. Kesesuaian antara nilai individu dengan nilai organisasi akan menghasilkan kepuasan kerja pada diri karyawan. Adanya kesesuaian antara nilai pribadi dengan nilai perusahaan akan menimbulkan kepuasaan kerja. Lebih jauh diungkapkan bahwa budaya organisasi membantu perkembangan pemberdayaan karyawan dan rasa percaya pada pihak manajemen sehingga berhubungan dengan kepuasan kerja yang tinggi. Dari hasil wawancara dengan sumber dapat dikatakan bahwa kepuasan kerja karyawan bagian tanaman terbilang baik hal ini juga dapat dilihat dari data tentang lama bekerja karyawan bagian tanaman yang rata-rata telah bekerja selama 8 tahun pada pabrik ini. Hal ini menarik penulis untuk meneliti apakah faktor yang menyebabkan kepuasan kerja karyawan bagian tanaman adalah budaya organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan bagian tanaman pada PG. Kebon Agung Malang yang berjumlah 60 orang. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan bagian tanaman PG. Kebon Agung Malang juga diakibatkan dari adanya pengaruh budaya organisasi yang kuat. Budaya organisasi dalam perusahan biasa disebut juga budaya perusahaan. Budaya organisasi mempunyai pengaruh yang kuat untuk dapat membentuk perilaku dengan dengan memberi anggota organisasi rasa identitas membangun pengakuan yang berujung pada kepuasan kerja karyawan dan selain itu apabila budaya organisasi ini dapat terpenuhi maka suatu budaya dengan karakteristik tertentu umpamanya budaya organisasi yang tinggi atau kuat akan dapat dibentuk di dalam suatu organisasi. Pengertiannya budaya yang terbentuk akan menjadi landasan filosofis bagi organisasi kelompok didalam organisasi dan individu di dalam organisasi untuk berperilaku dan bertindak yang pada akhirnya dapat membentuk performa dan kepuasan kerja karyawan yang tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dewasa ini kepuasan kerja seseorang karyawan tidak semata-mata dipengaruhi dari faktor besarnya gaji saja akan tetapi faktor intangible seperti budaya organisasi yang kuat juga dapat mempengaruhi kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31085

Actions (login required)

View Item View Item