Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah BMT Makmur Sejahtera Wlingi / Asril Reza Yusniar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah BMT Makmur Sejahtera Wlingi / Asril Reza Yusniar

Yusniar, Asril Reza (2011) Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah BMT Makmur Sejahtera Wlingi / Asril Reza Yusniar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar inkuiri terbimbing hidrolisis garam Peraturan Menteri nomor 22 tahun 2006 telah menjelaskan bahwa mata pelajaran kimia perlu diajarkan untuk tujuan yaitu membekali siswa dengan pengetahuan pemahaman dan sejumlah kemampuan yang dipersyaratkan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu dan teknologi. Tujuan mata pelajaran kimia dicapai oleh siswa melalui berbagai pendekatan antara lain pendekatan induktif dalam bentuk proses inkuiri ilmiah. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan mata pelajaran kimia tersebut maka diperlukan pengembangan bahan ajar yang menggunakan pendekatan induktif dalam bentuk proses inkuiri sebagai sarana pendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar materi hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI IPA SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar. Rancangan pengembangan yang digunakan adalah rancangan Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sukmadinata. Tahapan yang dilakukan adalah (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal. (5) merevisi hasil uji coba (6) uji lapangan skala kecil dan (7) revisi hasil uji coba lapangan. Draf hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator ahli dan dilakukan uji keterbacaan oleh 10 orang siswa. Instrumen validasi dan uji keterbacaan yang digunakan berupa angket. Data hasil validasi terdiri dari dua jenis yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar kimia pada materi pokok hidrolisis garam berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI IPA SMA/MA. Bahan ajar ini terdiri dari 3 bagian yaitu (1) bagian pendahuluan (2) bagian isi dan (3) penutup. Pada bagian pendahuluan terdapat beberapa komponen yaitu (1) halaman muka (cover) (2) kata pengantar (3) daftar isi (4) daftar gambar (5) daftar tabel (6) petunjuk penggunaan bahan ajar (7) halaman SK KD sub materi dan indikator serta (8) peta konsep. Pada bagian isi terdapat dua komponen yaitu bagian pengantar dan uraian sub materi pokok. Pada bagian penutup terdapat beberapa komponen yaitu (1) latihan soal (2) ulangan harian (3) kunci soal latihan (4) kunci soal ulangan harian (5) daftar istilah dan (6) daftar pustaka. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli menunjukkan persentase rata-rata sebesar 88 2% dan uji keterbacaan pada siswa menunjukkan persentase rata-rata sebesar 79 4%. Hasil validasi dan uji keterbacaan menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan ini valid pada berbagai kriteria penilaian dan tidak memerlukan perubahan yang mendasar. Bahan ajar ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada kelas XI IPA SMA/MA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item