Pengaruh iklan televisi dan layanan purna jual terhadap keputusan konsumen dalam membeli motor Yamaha (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hendra Karuniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan televisi dan layanan purna jual terhadap keputusan konsumen dalam membeli motor Yamaha (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hendra Karuniawan

Karuniawan, Hendra (2011) Pengaruh iklan televisi dan layanan purna jual terhadap keputusan konsumen dalam membeli motor Yamaha (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hendra Karuniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci iklan televisi layanan purna jual keputusan pembelian] Seiring dengan tuntutan konsumen akan produk sepeda motor yang tidak hanya terpaku pada kegunaan dasar sebagai alat transportasi untuk mempermudah mobilitas tetapi ditambah dengan tuntutan aspek model dan gaya hidup yang semakin kompleks. Salah satu merek yang menguasai pangsa pasar sepeda motor di Indonesia adalah Yamaha. Yamaha meningkatkan promosinya terutama melalui iklan televisi Yamaha membuat iklan dengan menggunakan teknik animasianimasi efek-efek khusus dan tokoh yang terkenal yaitu pembalap Moto GP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di dalam iklannya sehingga menarik perhatian. Selain iklan televisi Yamaha juga meningkatkan layanan purna jual (After Sales Service) karena bidang otomotif adalah salah satu produk konsumsi yang tahan lama maka konsumen tidak hanya mengevaluasi produk hanya pada saat pembelian saja tapi juga pada saat pasca pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pengaruh iklan televisi dan layanan purna jual sepeda motor merek Yamaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli sepeda motor merek Yamaha mengetahui pengaruh variable iklan televisi (X1) dan layanan purna jual(X2) secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian (Y) pengambil keputusan pembelian sepeda motor Yamaha yang digunakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan mengetahui sub variable yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Populasi dalam penelitian ini yaitu pengambil keputusan pembelian sepeda motor Yamaha yang digunakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan jumlah sampel sejumlah 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik accidental sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa iklan televisi (X1) dan layanan purna jual (X2) mempunyai nilai thitung masing-masing (7 392 3 075) sedangkan nilai Fhitung sebesar 40 750 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lebih kecil dari nilai 61537 61501 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan iklan televisi (X1) dan layanan purna jual (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) sepeda motor Yamaha yang digunakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang secara parsial maupun simultan. Sedangkan faktor berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha yang digunakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.adalah iklan televisi (X1). ii ABSTRACT Karuniawan Hendra. 2011. The Effects of Television Commercials and After-sales Service on Customers Purchase Decision in Buying Yamaha Motorbike (A Study on the Students of the Faculty of Economics State University of Malang). Sarjana s Thesis. Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Keywords Television Commercials After-sales Service Purchase Decision The customers of motorbike nowadays desire for motorbike product that not only it has the basic function of a transportation means to support mobility but also the model to meet the complex life style. One of many motorbike producersin Indonesia is Yamaha. Yamaha boosts the promotion particularly through television commercials in which they demonstrate sophisticated animation techniques special effects as well as young talented Valentino Rossi and Jorge Lorenzo to attract more customers. Besides Yamaha also boosts the After-sales Service for the reason that automobile is a long-lasting consumption product so that the customers will evaluate the product not only on the purchasing but also on the after-sales. This study aimed at finding out (1) the effects of television commercials and after-sales service on purchase decision in buying Yamaha motorbike in the students of the Faculty of Economics State University of Malang (2) the effects of the television commercials (X1) and after-sales service (X2) partially and simultaneously on purchase decision in buying Yamaha motorbike in the students of the Faculty of Economics State University of Malang and (3) the dominant sub-variable effecting on purchase decision in buying Yamaha motorbike in the students of the Faculty of Economics State University of Malang. This study was was conducted at State University of Malang. The population was the all students of the Faculty of Economics State University of Malang while the sample was taken from 100 of them using Accidental Sampling Technique. The data was collected using questionnaire and was analyzed using Multiple Linear Regression technique. The result of the study showed that (1) television commercial and after-sales service had a positively significant effect on purchase decision in buying Yamaha motorbike in the students of the Faculty of Economics State University of Malang both partially and simultaneously (2) the dominant sub-variable effecting on purchase decision in buying Yamaha motorbike in the students of the Facu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31082

Actions (login required)

View Item View Item