Eko Prastya Wibisono (2009) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membina prestasi siswa: studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Ngunut VI Tulungagung / Eko Prastya Wibisono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perspektif manajemen modern pendidikan yang saat ini sedang berkembang manajemen mutu berbasis sekolah memiliki pandangan bahwa peranan kepala sekolah merupakan komponen pokok organisasi dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Begitu juga dalam usaha membina prestasi siswa kepala sekolah memiliki peranan secara langsung dengan mengendalikan bawahan agar dapat mewujudkan tujuan. Membina prestasi siswa yang tidak terlepas dari keterlibatan unsur lain seperti langkah-langkah yang diambil kepala sekolah faktor pendukung dan pemberdayaannya serta faktor penghambat dan strategi pemecahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peranan kepala sekolah dalam membina prestasi siswa langkah-langkah kepala sekolah menjalankan peranan dalam membina prestasi siswa faktor pendukung dan pemberdayaannya serta faktor penghambat dan strategi pemecahannya. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ngunut VI Tulungangung sebagai sekolah yang pernah menjuarai liga Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat internasional yang dimulai sejak bulan Maret sampai Juli 2007. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan landasan berpikir fenomenologis. Dalam penelitian ini dilakukan tanpa mengisolasi subjek penelitiaan dan dilakukan secara langsung di lapangan. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti interview observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal pertama peran kepala sekolah dalam membina prestasi siswa secara tidak langsung dengan dua peranan yaitu (1) sebagai pemimpin formal sekolah dan (2) sebagai manajer formal sekolah. Kedua fokus langkah-langkah kepala sekolah dalam membina prestasi siswa melalui tahapan sebagai berikut (1) memimpin dan mengelola sumberdaya guru dalam meningkatkan profesionalitas guru (2) meminpin dan mengelola seberdaya guru dalam meningkatkan kompetensi pengajaran dan (3) meningkatkan optimalisasi peran orang tua dan masyarakat dalam proses pembinaan prestasi siswa. Ketiga temuan hasil penelitian tentang fokus faktor pendukung dalam pembinaan prestasi siswa adalah (1) kecerdasan natural input (2) loyalitas guru (3) antusias orang tua dan (4) sebagai sekolah kolaborasi binaan SEQIP. Selain faktor pendukung temuan juga ditemukan hambatan peran kepala sekolah dalam peranannya membina prestasi siswa yaitu (1) rendahnya dukungan pemerintah setempat (2) rendahnya anggaran pendidikan dalam proses pembinaan prestasi siswa dan (3) kebijakan Sisdiknas yang kurang menguntungkan dalam pembinaan prestasi siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada para kepala sekolah agar selalu berusaha meningkatkan kompetensi mereka agar dapat menjadi pemimpin pendidikan yang profesional. Sekolah disarankan untuk menjalankan prinsip manajemen berbasis sekolah dengan mengaplikasikan prinsip kepemimpinan kolektif dan kolegial dengan tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |