Pengaruh bauran eceran (retail mix) terhadap citra toko (studi pada konsumen Carrefour Market Malang) / Yohanes Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran eceran (retail mix) terhadap citra toko (studi pada konsumen Carrefour Market Malang) / Yohanes Setiawan

Setiawan, Yohanes (2011) Pengaruh bauran eceran (retail mix) terhadap citra toko (studi pada konsumen Carrefour Market Malang) / Yohanes Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bauran Eceran Citra Toko Kemajuan di bidang perekonomian selama ini telah banyak membawa akibat perkembangan yang cukup pesat dalam bidang usaha ritel. Hal ini menimbulkan persaingan diantara perusahaan ritel. Agar suatu perusahaan dapat terus dan memenangkan persaingan perusahaan dituntut untuk mengadakan perbaikan dan peningkatan di bidang pemasaran. Hal yang sangat perlu dilakukan oleh seorang peritel adalah bagaimana peritel tersebut harus bisa menciptakan strategi pemasaran agar dapat menarik perhatian pelanggan dan menciptakan citra toko yang baik dari konsumen dengan cara melaksanakan bauran eceran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran bauran eceran (lokasi merchandise pricing promosi atmosfer dalam gerai retail service) dan citra toko pada Carrefour Market (2) Pengaruh bauran eceran (lokasi merchandise pricing promosi atmosfer dalam gerai retail service) secara parsial terhadap citra toko pada Carrefour Market (3) Pengaruh bauran eceran (lokasi merchandise pricing promosi atmosfer dalam gerai retail service) secara simultan terhadap citra toko pada Carrefour Market (4) Variabel yang berpenganruh dominan dari bauran eceran (lokasi merchandise pricing promosi atmosfer dalam gerai retail service) terhadap citra toko pada Carrefour Market. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah bauran eceran dengan sub variabel lokasi merchandise pricing promosi atmosfer dalam gerai retail service. Sedangkan variabel terikat adalah citra toko. Penelitian ini dilakukan di Carrefour Market Malang pada Januari 2011. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasional. Analisis data penelitian yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji F dalam menguji hipotesisnya. Data penelitian dijaring dengan memberikan kuesioner kepada 174 responden yaitu konsemen dari Carrefour Market Malang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bauran eceran (lokasi merchandise pricing promosi atmosfer dalam gerai retail service) berpengaruh secara simultan terhadap citra toko. Dapat dilihat dari besarnya F hitung 30.755 dan tingkat signifikansinya adalah 0.000 0.05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara parsial dari masing-masing sub variabel bauran eceran terhadap citra toko. Variabel lokasi besarnya (b1) 0.229 t hitung 4.471 1.96 dengan signifikansi 945 0.05. Variabel merchandise besarnya (b2) 0.190 t hitung 2.570 1.96 dengan signifikansi 945 0.05. Variabel pricing besarnya (b3) 0.217 t hitung 2.123 1.96 dengan signifikansi 945 0.05. Variabel promosi besarnya (b4) 0.081 t hitung 2.526 1.96 dengan signifikansi 945 0.05. Variabel atmosfer dalam gerai besarnya (b5) 0.118 t hitung 2.317 1.96 dengan signifikansi 945 0.05. Variabel retail service besarnya (b6) 0.195 t hitung 3.079 1.96 dengan signifikansi 945 0.05. Dari hasil yang didapatkan dalam penelitian keberlakuan teori tentang pengaruh bauran eceran terhadap citra toko sudah terpenuhi namun hasilnya belum maksimal. Dalam penelitian ini penulis menyarankan agar Carrefour Market Malang lebih memperjelas informasi tentang promo yang diberikan meningkatkan promosi supaya tidak kalah bersaing dengan pesaing lainnya. Karyawan lebih memperhatikan penampilan bersikap sopan dan ramah agar konsumen nyaman. Peneliti berharap agar citra toko yang baik di Carrefour Market Malang juga akan terus meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31078

Actions (login required)

View Item View Item