Pengaruh bauran eceran (retailing mix) terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada Apolo Swalayan Jombang) / Retno Sari Dewanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran eceran (retailing mix) terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada Apolo Swalayan Jombang) / Retno Sari Dewanti

Dewanti, Retno Sari (2011) Pengaruh bauran eceran (retailing mix) terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada Apolo Swalayan Jombang) / Retno Sari Dewanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Bauran eceran keputusan pembelian konsumen. Seiring dengan perkembangan dunia bisnis dan kebutuhan manusia akan barang dan jasa banyak bermunculan perusahaan dagang yang bergerak di bidang perdagangan eceran (retail) yang berbentuk toko minimarket pasar swalayan dan lain-lain. Jumlah pasar swalayan yang semakin meningkat tersebut menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat menuntut pelaku bisnis untuk pandai-pandai mengatur strategi untuk dapat memenangkan persaingan yaitu dengan mengembangkan strategi-strategi pemasaran berdasarkan sasaran dan rencana strategis keseluruhan. Strategi-strategi yang digunakan pengecer untuk mencapai sasarannya yaitu dengan merumuskan bauran eceran (retailing mix). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) deskripsi bauran eceran (retailing mix) dan keputusan pembelian konsumen pada Apolo walayan Jombang (2) Pengaruh positif bauran eceran (retailing mix) secara parsial yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Apolo Swalayan Jombang (3) Pengaruh positif bauran eceran (retailing mix) secara simultan yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Apolo Swalayan Jombang. (4) serta untuk mengetahui elemen bauran eceran (retailing mix) yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Apolo Swalayan Jombang. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari Merchandise (X1) harga (X2) Lokasi (X3) Promosi (X4) retail service (X5) atmosphere (X6) dan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian konsumen (Y). Jenis dari penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Apolo Swalayan Jombang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus untuk populasi tak terhingga.. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner skala pengukuran yang dipakai adalah Skala Likert (Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Kurang Setuju dan Tidak Setuju). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara parsial bauran eceran (X1) terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai B 0 264 dan sig t 0 000 terdapat pengaruh secara parsial bauran eceran (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai B 0 312 dan sig t 0 000 terdapat pengaruh secara parsial bauran eceran (X3) terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai B 0 184 dan sig t 0 003 terdapat pengaruh secara parsial bauran eceran (X4) terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai B 0 185 dan sig t 0 020 terdapat pengaruh secara parsial bauran eceran (X5) terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai B 0 127 dan sig t 0 003 tidak terdapat pengaruh secara parsial bauran eceran (X6) terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai B 0 031 dan sig t 0 693. (2) Terdapat pengaruh merchandise (X1) harga (X2) lokasi (X3) promosi (X4) retail service (X5) atmosphere (X6) secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen berdasarkan nilai Fhitung sebesar 51 193 dengan tingkat signifikansi 0.000. Sub variabel dari bauran eceran yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah harga (X2) dengan nilai sumbangan efektif sebesar 22 5%. Selain itu dalam diketahui pula Adjusted R Square sebesar 0 753 ini berarti bahwa variabel merchandise harga lokasi promosi retail service dan atmosphere secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 75% sedangkan sisanya sebesar 25% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1)Variabel bauran eceran (retail mix) yang terdiri dari variabel merchandise harga lokasi promosi lokasi retail service dan atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian Apolo Swalayan Jombang baik secara simultan maupun parsial. (2) Setiap variabel bauran eceran (retail mix) dapat mempengaruhi penjualan di Apolo Swalayan Jombang dan satu sama lain saling mempengaruhi. (3) Dari hasil uji t diketahui bahwa variabel yang memiliki nilai koefisien Beta yang distandarisasi yang terbesar adalah variabel harga (X2). Hal ini membuktikan bahwa harga merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Apolo Swalayan Jombang. (4) Variabel atmosphere kurang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Apolo Swalayan. Saran dalam penelitian ini adalah (1) pengelola Apolo Swalayan Jombang perlu memperhatikan pengaruh bauran eceran terhadap keputusan pembelian konsumen dalam penyusunan rencana maupun strategi pemasaran Apolo Swalayan Jombang. (2) pengelola Apolo Swalayan dapat melakukan penetapan harga yang mampu bersaing dengan Swalayan lain. (3) pengelola Apolo Swalayan diharapkan dapat melakukan peningkatan kualitas dalam toko misalnya dalam segi desain interior dan eksterior memperhatikan suhu ruangan agar membuat konsumen nyaman dalam berbelanja dll. (4) meningkatkan pelayanan terhadap konsumen sangat penting untuk memberikan kesan yang positif dengan cara pelatihan karyawan dalam melayani baik keterampilan teknis maupun keterampilan antarpribadi. Yang dapat diwujudkan dari komitmen semua karyawan untuk meningkatkan pelayanan (5) bagi peneliti lain yang berminat mengembangkan studi ini disarankan untuk lebih memperdalam kajian melalui pengembangan item-item pernyataan untuk variabel-variabel bauran eceran (retail mix) dan meneliti variabel-variabel lain yang belum masuk dalam model karena dalam penelitian ini masih terdapat variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan sisa nilai adjusted R square sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31074

Actions (login required)

View Item View Item