Ghofur, Abdul (2011) Pengaruh similar name terhadap keputusan konsumen dalam membeli mie instan merek Mie Sedaap versus Supermi Sedaap (studi pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Abdul Ghofur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Similar Name Keputusan Konsumen Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Keadaan tersebut menyebabkan perusahaan pada umumnya berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup mengembangkan perusahaan memperoleh laba optimal serta berusaha memperkuat posisi perusahaan dalam menghadapi perusahaan pesaing. Seorang pemasar dituntut mampu menciptakan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka persaingannya dengan perusahaan lain. Pemasar juga harus menciptakan produk yang mampu mengkarakteristikkan diri agar konsumen mengenal produk-produk yang dipasarkan oleh perusahaan tersebut. Untuk mengantarkan identitas perusahaan agar mudah dikenal konsumen merek menjadi hal yang sangat penting. Perusahaan-perusahaan yang masih tergolong baru biasanya selalu meniru atau mengikuti merek yang menjadi perusahaan pemimpin (market leader) dalam pasar karena cara tersebut lebih efektif dan efisien. Kemiripan merek diharapakn membuat konsumen menarik asosiasi bahwa merek perusahaan pengikut (follower) memiliki citra yang sama dengan merek pemimpin pasar (market leader). Meniru menyamarkan ataupun menyamakan produk terutama dalam hal merek oleh perusahaan pengikut (follower) merupakan bentuk dari konsep similar name. Produk yang memiliki maupun yang menggunakan merek yang serupa (similar name) akan mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Strategi ini pernah diterapkan oleh SuperMi Sedaaap saat pertama kali masuk pasaran untuk mengambil pasar mie instan yang didominasi oleh Mie Sedaap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kondisi similar name dan keputusan konsumen mengetahui pengaruh similar name (nama istilah tanda simbol) secara parsial terhadap keputusan konsumen mengetahui pengaruh similar name secara simultan terhadap keputusan konsumen dan mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli Mie Sedaap versus SuperMi Sedaaap pada mahasiswa Universitas Negeri Malang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kausalitas yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan sebab-akibat antara variabel bebas (similar name) terhadap variabel terikat (keputusan konsumen). Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh mahasiswa S1 (strata satu) Universitas Negeri Malang yang menjadi pembeli sekaligus konsumen Mie Sedaap dan SuperMi Sedaaap dimana jumlah populasinya tidak diketahui (indefinite population). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah sample aksidental (accidental sampling) yaitu penentuan sampel berdasarkan siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti yannng dapat digunakan sebagai sampel dan cocok sebagai sumber data. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial sub variabel nama istilah tanda dan simbol berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa sub variabel nama istilah tanda dan simbol berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli mie instan merek Mie Sedaap versus SuperMi Sedaaap pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Hasil ini dapat dilihat pada analisis Regresi Berganda dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 35 6 % berarti bahwa ada pengaruh nama istilah tanda dan simbol terhadap konsumen dalam membeli mie instan merek Mie Sedaap versus SuperMi Sedaaap pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang sebesar 35 6 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini adalah (1) Saran Saran ditujukkan kepada PT Indofood Sukses Makmur yang memproduksi SuperMi Sedaaap hendaknya berani menciptakan produk baru yang berbeda dan mempunyai karakteristik khusus agar konsumen mudah mengenali produk tersebut. Tidak hanya membuat kemiripan kemasan maupun meniru secara utuh dari produk Mie Sedaap yang menjadi pemimpin pasar (market leader). (2) Untuk PT Karunia Alam Segar (grup dari Wing s Food) yang memproduksi Mie Sedaap hendaknya bisa menyempurnakan produk agar mempunyai ciri khas yang sulit ditiru oleh perusahaan pengikut (follower). Selain itu perlu adanya inovasi dan diversifikasi pada produk mie instan baik dari segi kemasan maupun dari produk yang dihasilkan agar tidak mudah ditiru dan agar dapat mempertahankan pasarnya. (3) Saran bagi konsumen sebaiknya teliti terlebih dahulu produk yang akan dibeli berhati-hati sebelum melakukan pembelian dan sangat disarankan untuk tidak tergesa-gesa dalam melakukan keputusan pembelian terlebih dengan adanya praktik similar name tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |