Analisis kebangkrutan model Zavgren dan pengaruhnya terhadap risiko sistematis saham pada perusahaan basic industry and chemicals yang listing di BEI periode 2009 / Hesti Ardianti

Ardianti, Hesti (2011) Analisis kebangkrutan model Zavgren dan pengaruhnya terhadap risiko sistematis saham pada perusahaan basic industry and chemicals yang listing di BEI periode 2009 / Hesti Ardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Kinerja Keuangan, Risiko Sistematis Saham, Kebangkrutan. Kebangkrutan adalah situasi dimana perusahaan mengalami kekurangan atau ketidakcukupan dana untuk melanjutkan usahanya. Analisis kebangkrutan pada perusahaan Basic Industry and Chemicals perlu dilakukan karena melihat produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut bukan merupakan kebutuhan sehari-hari sehingga harus diperhatikan kualitasnya agar dapat bertahan dalam persaingan. Sedangkan, untuk model kebangkrutan yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesehatan perusahaan adalah model kebangkrutan Zavgren. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimanakah prediksi kebangkrutan perusahaan Basic Industry and Chemicals yang terdaftar di BEI periode 2009 dengan menggunakan model zavgren dan kedua, untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel-variabel model zavgren terhadap risiko sistematis saham. Populasi yang diambil sebanyak 59 perusahaan Basic Industry and Chemicals. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh 40 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil penelitian secara deskriptif diketahui sebanyak 22 perusahaan Basic Industry and Chemicals mengalami kebangkrutan dan sisanya sebanyak 18 perusahaan dalam kondisi sehat. Dari hasil analisis regresi dapat diketahui terdapat pengaruh parsial antara ITO terhadap risiko sistematis saham. Sedangkan, variabel untuk variabel RTO, CP, STL, ROI, FL, CTO tidak memiliki pengauh secara signifikan terhadap risiko sistematis saham. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan (1) untuk penelian selanjutnya menggunakan data dengan jangka waktu yang lebih panjang, (2) untuk investor yang akan menanmkan sahamnya hendaknya memperhatikan kondisi kesehatan perusahaan, dan investor juga harus memperhatikan faktor-faktor makro seperti, kondisi sosial, politik, dan keamanan yang bisa mempengaruhi naik turunnya harga saham. (3) untuk perusahaan agar selalu memperhatikan dan menindaklanjuti sinyal-sinyal kebangkrutan sekecil apapun agar tidak berakibat fatal bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31062

Actions (login required)

View Item View Item