Pengaruh penayangan ikla Mie Sedaap di televisi terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada ibu-ibu rumah tangga Kelu)rahan Karangwaluh Kecamatan Sampung Kota Ponorogo) / Dyas Erviana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penayangan ikla Mie Sedaap di televisi terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada ibu-ibu rumah tangga Kelu)rahan Karangwaluh Kecamatan Sampung Kota Ponorogo) / Dyas Erviana Sari

Sari, Dyas Erviana (2011) Pengaruh penayangan ikla Mie Sedaap di televisi terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada ibu-ibu rumah tangga Kelu)rahan Karangwaluh Kecamatan Sampung Kota Ponorogo) / Dyas Erviana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Iklan Televisi Isi Pesan Struktur Pesan Format Pesan Sumber Pesan Keputusan Pembelian. Komunikasi pemasaran yang menggunakan iklan dengan media televisi masih dianggap sebagai cara paling efektif untuk mempresentasikan unsur-unsur pemasaran karena pola masyarakatnya brand minded. Dalam mengembangkan bisnis produsen berusaha untuk menguasai pasar dan memenangkan persaingan. Hal ini terjadi pada berbagai sektor bisnis termasuk bisnis makanan khususnya mie instant. Dimana saat ini banyak bermunculan mie instant dengan berbagai merek. Mie sebagai salah satu merek mie instan yang diproduksi Grop Wing juga menggunakan iklan dengan media televisi harapannya adalah memperoleh tanggapan positif dari konsumen ketika mengkomunikasikan berbagai jenis rasa produk terbarunya yang diberi nama Mie Sedaap. Salah satu bentuk tanggapannya berupa keputusan pembelian yang dilekatkan konsumen pada suatu produk berdasarkan kesadaran merek dan citra merek yang ada dalam benak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penanyangan periklanan sebagai bentuk komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Mie Sedaap pada ibu-ibu rumah tangga Kelurahan Karangwaluh Kecamatan Sampung Kota Ponorogo baik secara parsial maupun simultan serta komponen iklan televisi (isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan) yang berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian. Variabel bebas penelitian ini adalah iklan televisi (X1) isi pesan (X2) struktur pesan (X3) format pesan dan (X4) sumber pesan sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan selama bulan Agustus September 2010. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi yang diambil adalah ibu-ibu rumah tangga Kelurahan Karangwaluh Kecamatan Sampung Kota Kota yang terdiri dari 3123 KK. Teknik pengambilan sampel menggunakan area proportional purposive sampling selanjutnya hasil tersebut dihitung menggunakan rumus Daniel dan Terrel sehingga diperoleh sampel 87 responden. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitias dengan sampel uji coba sebanyak 40 responden. Data diperoleh melalui responden menggunakan kuesioner/angket tertutup dan diukur menggunakan skala Likert dengan skala lima. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS for windows seri 16.0. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Isi pesan struktur pesan format pesan sumber pesan dan keputusan pembelian mie sedaap dalam kategori cukup baik. (2) Iklan televisi (isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan) berpengaruh positif dan seginifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian mie sedaap. (3) Komponen iklan televisi yang dominan secara tidak langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie sedaap adalah sumber pesan Saran yang dapat ditujukan pada konsumen Mie Sedaap berdasar dari hasil penelitian ini yaitu sumber pesan dalam iklan Mie Sedaap yang selanjutnya agar manggunakan pemeran yang lebih populer sehingga iklan tersebut semakin layak untuk dipercaya serta format pesan agar diperbaiki sehingga dapat tercipta iklan yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31056

Actions (login required)

View Item View Item