Pengaruh atribut produk terhadap proses keputusan pembelian handphone Sony Ericsson (studi pada mahasiswa Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang) / Gatra Tri Bangga Yudha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk terhadap proses keputusan pembelian handphone Sony Ericsson (studi pada mahasiswa Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang) / Gatra Tri Bangga Yudha

Yudha, Gatra Tri Bangga (2011) Pengaruh atribut produk terhadap proses keputusan pembelian handphone Sony Ericsson (studi pada mahasiswa Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang) / Gatra Tri Bangga Yudha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Atribut Produk (Pelayanan Pendukung Mutu Merek) Proses Keputusan Pembelian. Atribut produk merupakan satu komponen produk yang merupakan ciri-ciri produk yang menjamin agar produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan oleh pembeli seperti merek mutu dan pelayanan pendukung yang dijadikan sebagai variabel bebas pada penelitian ini. Seorang konsumen akan memutuskan untuk membeli suatu produk biasanya dipengaruhi oleh atribut-atribut yang melekat pada produk tersebut. Seorang konsumen akan melihat suatu produk berdasarkan kepada karakteristik atau cirri atau atribut produk dari produk tersebut. Sebagai konsumen memiliki informasi yang lengkap mengenai produk sehingga mereka mampu mendiskripsikan secara terperinci berbagai atribut produk dari produk tersebut. Proses pengambilan keputusan konsumen merupakan proses pemecahan masalah. Pengembangan suatu pemahaman mengenai bagaimana sebenarnya para konsumen membuat keputusan pembelian harus dipelajari oleh para pemasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu dan analisis data bersifat kuantitatif. Teknik sampel menggunakan purposive sampel sebanyak 48 responden (Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang) sebagai populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket/kuesioner yang terdiri dari 30 item pertanyaan. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas serta menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji regresi secara parsial (uji t) dan uji regresi secara simultan (uji F). Pengolahan data yang dilakukan peneliti dibantu dengan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pelayanan pendukung secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0 141 0 05 sehingga Ho diterima dan untuk variabel mutu secara parsial berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0 013 0 05 sehingga Ho ditolak sedangkan variabel merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0 001 0 05 sehingga Ho ditolak. secara simultan variabel Atribut Produk (pelayanan pendukung mutu merek) berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi 0 000 0 05 sehingga Ho ditolak. Temuan penelitian ini berimplikasikan bahwa peningkatan pada proses keputusan pembelian konsumen pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Sony Ericsson dipengaruhi oleh variabel mutu dan merek. Sedangkan variabel pelayanan pendukung tidak berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Sony Ericsson. Dengan demikian disarankan kepada perusahaan Sony Ericsson untuk aktif dalam menginformasikan produknya kepada konsumen dengan meningkatkan mutu produk dan membentuk citra merek yang lebih baik lagi serta aktif dalam memberikan informasi produknya kepada konsumen sebagai bentuk pelayanan pendukung dari produknya. Dengan peningkatan yang dilakukan oleh Sony Ericsson melalui atribut produknya dan peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lainnya dan periode waktu yang lebih lama sehingga diperoleh hasil yang lebih akurat dan valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31055

Actions (login required)

View Item View Item