Pengaruh strategi diferensiasi terhadap loyalitas konsumen (studi pada mahasiswa pengguna kartu IM3 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Dian Purwantiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi diferensiasi terhadap loyalitas konsumen (studi pada mahasiswa pengguna kartu IM3 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Dian Purwantiasari

Purwantiasari, Dian (2011) Pengaruh strategi diferensiasi terhadap loyalitas konsumen (studi pada mahasiswa pengguna kartu IM3 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Dian Purwantiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Strategi Diferensiasi Loyalitas Konsumen Mempertahankan pelanggan bukan hal yang mudah bagi perusahaan karena pesaing memberikan rangsangan-rangsangan kepada konsumen agar beralih ke produk pesaing. Selain itu selera konsumen mudah berubah jika perusahaan tidak mampu memberikan inovasi yang diharapkan konsumen maka dengan mudah konsumen akan beralih ke produk yang lain. Salah satu kuncinya adalah dengan melakukan strategi diferensiasi. Dengan strategi diferensiasi IM3 yang jitu dan konsumen menyukainya maka akan tercipta loyalitas konsumen pada kartu seluler IM3. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) kondisi strategi diferensiasi serta loyalitas konsumen kartu seluler IM3 (2) pengaruh strategi diferensiasi (X) baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas loyalitas konsumen kartu seluler IM3 (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari diferensiasi produk (X1) diferensiasi pelayanan (X2) dan diferensiasi citra (X3) dan variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen (Y). Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan kartu seluler IM3 sehingga tergolong dalam infinite population. Dalam penelitian ini diperoleh sampel sebanyak 120 orang dengan teknik sampling menggunakan multy stage sampling (proportional sampling dan accidental sampling) untuk menyebarkan kuesioner kepada responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini disebutkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan diferensiasi produk secara parsial terhadap loyalitas konsumen kartu seluler IM3 dengan nilai B 0 551 thitung sebesar 6 029 dengan signifikansi 0 000 (2) ada pengaruh positif dan signifikan diferensiasi pelayanan secara parsial terhadap loyalitas konsumen kartu seluler IM3 dengan nilai B 0 650 thitung sebesar 3 886 dengan signifikansi 0 000 (3) tidak ada pengaruh positif dan signifikan diferensiasi citra secara parsial terhadap loyalitas konsumen kartu seluler IM3 dengan nilai B -0 051 thitung sebesar -0 324 dengan signifikansi 0 746 (4) ada pengaruh positif dan signifikan strategi diferensiasi (diferensiasi produk diferensiasi pelayanan dan diferensiasi citra) secara simultan terhadap loyalitas konsumen kartu seluler IM3 dengan nilai Fhitung sebesar 33 478 dengan signifikansi 0 000. Selain itu dapat diketahui pula Adjusted R Square sebesar 0 450 ini berarti bahwa variabel strategi diferensiasi (diferensiasi produk diferensiasi pelayanan dan diferensiasi citra) secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas konsumen pengguna IM3 sebesar 45% sedangkan sisanya sebesar 55% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini (1) Berdasarkan analisis deskriptif dapat diketahui keadaan strategi diferensiasi dan loyalitas konsumen sebagai berikut (a) Keadaan strategi diferensiasi pada pengguna kartu seluler IM3 adalah responden yang terpikat oleh inovasi pada kartu seluler IM3 yang baik karena didukung oleh diferensiasi produk diferensiasi pelayanan dan diferensiasi citra yang baik (b) Keadaan loyalitas konsumen pengguna kartu seluler IM3 adalah responden yang melakukan pembelian ulang pulsa merekomendasikan pada orang lain yang tidak tahu harus membeli kartu seluler apa menunjukkan kekebalan terhadap pesaing dan menginformasikan hal yang baik kepada orang lain sudah baik. (2) Pengaruh strategi diferensiasi secara parsial terhadap loyalitas konsumen pengguna kartu IM3 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang antara lain (a) Diferensiasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam menggunakan kartu seluler IM3 (b) Diferensiasi pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam menggunakan kartu seluler IM3 (c) Diferensiasi citra tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam menggunakan kartu seluler IM3. (3) Strategi diferensiasi secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam menggunakan kartu seluler IM3. Saran dalam penelitian ini kepada (1) PT. Indosat Multi Media Mobile (IM3) antara lain agar (a) Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang dihasilkan dan melakukan perbaikan di berbagai bidang apabila dirasakan masih kurang terutama masalah jaringan (b) Pihak IM3 sebaiknya mampu memenuhi janji-janji yang telah diberikan kepada konsumen sehingga IM3 diharapkan dapat memenuhi harapan konsumen sehingga konsumen akan tetap setia dan tidak beralih pada kartu seluler GSM yang lain. (2) Peneliti lain di masa mendatang agar (a) Objek penelitian yang diambil lebih baik yaitu masyarakat umum dari berbagai segmen seperti masyarakat kota masyarakat desa eksekutif ibu rumah tangga dan sebagainya serta tempat penelitian yang lebih luas agar data penelitian yang diperoleh lebih valid dan ruang lingkupnya lebih luas (b) Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen selain variabel yang diteliti pada penelitian ini misalnya diferensiasi saluran diferensiasi personalia dan yang lainnya serta memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam penelitian ini seperti menggunakan instrumen untuk penentuan responden yang menggunakan dan yang tidak menggunakan kartu seluler IM3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31051

Actions (login required)

View Item View Item