Pengaruh rasio camel terhadap return saham perbankan yang listing di BEI tahun 2008-2010 / Vira Zakhiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh rasio camel terhadap return saham perbankan yang listing di BEI tahun 2008-2010 / Vira Zakhiya

Zakhiya, Vira (2011) Pengaruh rasio camel terhadap return saham perbankan yang listing di BEI tahun 2008-2010 / Vira Zakhiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci CAMEL Return Saham Bank merupakan salah satu lembaga yang mempengaruhi perekonomian dan merupakan alat dalam melaksanakan kebijakan moneter pemerintah. Seiring berjalannya waktu kondisi perekonomian Indonesia seringkali mengalami pasang surut sehingga para pelaku pasar ragu akan prospek sektor perbankan.Upaya penyehatan perbankan terus dilakukan supaya kepercayaan masyarakat dan investor kepada perbankan semakin membaik. Untuk itu diperlukan evaluasi kinerja keuangan perbankan untuk menilai tingkat kesehatan bank yang disebut CAMEL. Semakin baik kinerja keuangan bank pemerintah dan bank umum swasta nasional akan mempengaruhi kondisi harga saham ke arah yang lebih tinggi dan return yang tinggi pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan perbankan dengan ratio CAMEL dan tingkat return saham perbankan serta mengetahui pengaruh variabel CAMEL (Capital Asset Quality Management Earnings dan Liquidity) secara parsial maupun simultan terhadap return saham. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perbankan yang listing di BEI periode 2008-2010. Populasi dalam penelitian ini yaitu Perbankan yang listing di BEI periode 2008-2010 dengan jumlah sampel sejumlah 23 Perbankan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis rasio CAMEL dan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis tingkat kesehatan bank menyatakan bahwa berdasarkan rasio CAMEL sampel bank berturut-turut berada pada kondisi sehat sehat kurang sehat sehat dan sehat. Hasil regresi menyatakan bahwa rasio CAMEL yang terdiri dari Capital Asset Quality Management Earnings dan Liquidity berpengaruh signifikan terhadap return saham perbankan secara simultan. Secara parsial hanya Management yang tidak berpengaruh terhadap return saham perbankan. Saran dalam penelitian ini investor dalam melakukan investasi agar mendapat return saham yang lebih optimal atau keuntungan dengan risiko yang lebih minimal sebaiknya perlu memperhatikan dan mempertimbangkan faktor-faktor kinerja keuangan perusahaan untuk pengambilan keputusan investasi. Selain itu para investor perlu memperhatikan juga beberapa faktor baik faktor ekstern maupun intern dalam perusahaan. Bagi manajemen perusahaan hendaknya mempertimbangkan faktor lain selain variabel CAMEL dalam menilai return saham. Manajer perusahaan hendaknya melakukan analisis lebih lanjut tentang faktor yang menyebabkan nilai return saham negatif serta mengambil kebijakan untuk meningkatkan nilai tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31047

Actions (login required)

View Item View Item