Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada operasi aljabar berdasarkan teori newman / Dalila Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada operasi aljabar berdasarkan teori newman / Dalila Rahma

Rahma, Dalila Rahma (2024) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada operasi aljabar berdasarkan teori newman / Dalila Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi operasi aljabar dianggap sangat sulit. Masih banyak siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal operasi aljabar terutama pada soal berbentuk kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa yang mempengaruhi siswa dalam melakukan kesalahan - kesalahan yang dilakukan siswa pada soal kontekstual dalam materi operasi aljabar berdasarkan teori Newman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik penggalian data berupa tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Lawang yang berjumlah 30 siswa dari mana 4 siswa dipilih sebagai subjek penelitian untuk wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Hasil menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa ada lima kesalahan yaitu tidak menuliskan rumus menuliskan diketahui dan ditanyakan dengan simbol yang dibuat sendiri kesalahan pada tanda negatif dan positif tidak memahami yang ditanyakan pada soal dan tidak menuliskan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/310451

Actions (login required)

View Item View Item