Pengaruh atribut produk terhadap loyalitas pelanggan produk hand & body lotion Citra (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Yurike Oktarika Perdanasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh atribut produk terhadap loyalitas pelanggan produk hand & body lotion Citra (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Yurike Oktarika Perdanasari

Perdanasari, Yurike Oktarika (2011) Pengaruh atribut produk terhadap loyalitas pelanggan produk hand & body lotion Citra (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Yurike Oktarika Perdanasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci atribut produk merek kemasan kualitas produk loyalitas pelanggan Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin meningkatnya kesadaran akan merawat kesehatan kulit membawa angin segar bagi perusahaan industri terutama di bidang kosmetik dan kecantikan khususnya produk hand body lotion. Salah satu merek hand body lotion yang digemari oleh sebagian masyarakat adalah merek Citra. Perilaku para konsumen pengguna Hand Body Lotion Citra ini tidak lepas dari pengaruh atribut produk yang melekat pada produk tersebut yang membuat mereka memutuskan untuk membeli dan menggunakan Hand Body Lotion Citra. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausalitas (asimetris) yang bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran atribut produk (merek (X1) kemasan (X2) kualitas produk (X3)) produk Hand Body Lotion Citra bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) pengaruh atribut produk (merek (X1) kemasan (X2) kualitas produk (X3)) secara parsial terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra (3) pengaruh atribut produk (merek (X1) kemasan (X2) kualitas produk (X3)) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra (4) pengaruh dari atribut produk (merek (X1) kemasan (X2) kualitas produk (X3)) yang dominan terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang membeli dan menggunakan produk Hand Body Lotion Citra. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 140 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Accidental Sampling untuk menyebarkan kuesioner yang dilaksanakan pada bulan Maret 2011. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner skala pengukuran yang dipakai adalah Skala Likert (Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Kurang Setuju dan Tidak Setuju). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) pada variabel merek kredibilitas dan superioritas produk Hand Body Lotion Citra tergolong baik (2) pada variabel kemasan kemudahan penggunaan daya tarik dan identitas produk Hand Body Lotion Citra tergolong baik (3) pada variabel kualitas produk keadaan fisik dan keawetan produk Hand Body Lotion Citra tergolong cukup baik (4) pada variabel loyalitas pelanggan keadaan loyalitas pelanggan pada produk Hand Body Lotion Citra cukup baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan atribut produk (merek kemasan dan kualitas produk) secara parsial terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) terdapat pengaruh positif signifikan atribut produk (merek kemasan dan kualitas produk) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (3) variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang adalah variabel kemasan. Atribut produk mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sebesar 48% sedangkan sisanya 52% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) dari hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa keadaan merek dan kemasan produk Hand Body Lotion Citra pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tergolong baik serta keadaan kualitas produk dan loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tergolong cukup baik (2) pengaruh atribut produk secara parsial terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang antara lain (a) terdapat pengaruh positif dan signifikan merek secara parsial terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (b) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemasan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (c) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk secara parsial terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (3) atribut produk yang terdiri dari merek kemasan dan kualitas produk secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (4) berdasarkan Sumbangan Efektif (SE) variabel kemasan memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan produk Hand Body Lotion Citra pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Hal ini dikarenakan kemasan dapat menimbulkan ketertarikan konsumen pada produk dan melakukan pembelian ulang. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian ini adalah (1) Sumbangan Efektif yang terbesar adalah variabel kemasan sebesar 18 89%. Jadi PT Unilever Indonesia Tbk sebaiknya lebih kreatif dan lebih modern dalam mengembangkan kemasan produk Hand Body Lotion Citra untuk menarik perhatian dan minat konsumen sehingga konsumen terdorong untuk membeli dan menggunakan Hand Body Lotion Citra (2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan selain variabel yang diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31038

Actions (login required)

View Item View Item