Pengaruh persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Indomie (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM) / Eva Rahmawati Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Indomie (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM) / Eva Rahmawati Agustina

Agustina, Eva Rahmawati (2011) Pengaruh persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Indomie (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM) / Eva Rahmawati Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Kualitas Loyalitas Merek dan Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Merek mie instan Indomie sudah cukup terkenal terbukti dengan adanya persepsi kualitas yang cukup baik di masyarakat. Perusahaan Indomie harus mempunyai strategi lain untuk meningkatkan jumlah konsumen yang loyal. Konsumen yang loyal pada satu merek mereka tidak akan pindah pada merek lain. Sehingga kepercayaan terhadap merek akan memberikan nilai yang lebih pada konsumen dan tentunya hal ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen dalam memilih merek lain. Dengan adanya persepsi kualitas yang cukup baik dan konsumen yang loyal akan membuat konsumen tetap melakukan pembelian Indomie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi keadaan persepsi kualitas loyalitas merek dan proses pengambilan keputusan pembelian Indomie pada mahasiswa jurusan manajemen FE UM dan mengetahui pengaruh variabel persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap proses pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini mempunyai tiga variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas terdiri dari persepsi kualitas (X1) dan loyalitas merek (X2) sedangkan variabel terikatnya (Y) yaitu proses pengambilan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen FE UM yang pernah membeli dan mengkonsumsi Indomie dengan jumlah sampel adalah 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan persepsi kualitas terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Indomie dengan nilai B 0 343 thitung 3 298 dengan signifikansinya 0 001 (2) ada pengaruh positif dan signifikan loyalitas merek terhadap proses pengambilan keputusan pembelian Indomie dengan nilai B 0 383 thitung 5 412 dengan signifikansinya 0 000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi kualitas dan loyalitas merek dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian. Persepsi kualitas dan loyalitas merek mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian Indomie pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang sebesar 38% sedangkan sisanya 62% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Dan variabel yang berpengaruh dominan dalam proses pengambilan keputusan pembelian Indomie adalah variabel loyalitas merek dengan nilai Sumbangan Efektif sebesar 0 264

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31035

Actions (login required)

View Item View Item