Fathoni, Abdul Aziz (2011) Pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan berpindah merek GSM dari Nokia ke Sony Ericsson (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Abdul Aziz Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Ketidakpuasan Konsumen Keputusan Berpindah Merek. Perilaku perpindahan merek pada pelanggan merupakan suatu fenomena yang kompleks yang dipengaruhi oleh faktor-faktor keperilakuan persaingan dan waktu) perpindahan merek yang dilakukan konsumen disebabkan oleh pencarian variasi. Perpindahan merek terjadi pada produk-produk dengan karakteristik keterlibatan pembelian yang rendah. Tipe perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian yang cenderung melakukan perpindahan merek adalah pengambilan keputusan terbatas dan inersia. Seorang konsumen yang mengalami ketidakpuasan pada masa pasca konsumsi mempunyai kemungkinan akan merubah perilaku keputusan pembeliannya dengan mencari alternatif merek lain pada konsumsi berikutnya untuk meningkatkan kepuasan.Khususnya pada produk. Produk yang dijadikan sebagai obyek adalah produk handpone GSM. Sebagai akibatnya adalah dari tahun ke tahun produk handpone GSM semakin bervariasi dan konsumen dihadapkan pada banyak pilihan merek dan kemungkinan konsumen berpindah merek juga semakin besar khiususnya bagi mereka yang berorientasi pada harga dan menyukai hal hal yang baru. Pada penelitian kali ini handpone GSM yang di teliti adalah merek Sony Ericsson. Berdasarkan data majalah SWA pengguna terbanyak adalah Nokia. Namun konsumen Nokia telah banyak yang berpindah merek ke handpone GSM lain sesama top brand misalnya Sony Ericsson Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan konsumen dalam perpindahan merek handpone GSM dari Nokia ke Sonny Ericsson dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan konsumen dalam perpindahan merek handpone GSM dari Nokia ke Sonny Ericsson Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yaitu pengaruh periklanan terhadap perilaku konsumen. Populasi yang diambil adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang khususnya pengguna sony Ericsson. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel sebanyak 80 responden. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitias dengan sampel uji coba sebanyak 50 responden. Data diperoleh melalui responden menggunakan kuesioner/angket tertutup dan diukur menggunakan skala Likert dengan skala lima. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan konsumen yang meliputi Harga kualitas merek dan features terhadap Keputusan konsumen dalam berpindah merek handphone GSM dari Nokia ke sony Ericsson baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial harga kualitas merek dan features mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen berpindah merek handphone Nokia ke Sony Ericsson. Variabel harga dapat dilihat dari besaran probabilitas 0 026 0 05 artinya variable harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Y. kualitas 0 000 Merk 0 014 dan Features 0 000 hal ini berarti semua besaran probabilitas dari keempat variable lebih kecil dari 0 05 artinya keempat variable berpengaruh signifikan terhadap Y.Secara simultan harga kualitas merek dan features juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen berpindah merek handpone Nokia ke Sony Ericsson. F hitung 61 028 besaran probabilitas 0 000 0 005 dan dapat di ambil kesimpulan bahwa secara simultan keempat variable berpenngaruh signifikan terhadap variable Y
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/31032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |