Nurhayati, Habibah Nurhayati (2024) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran seni rupa materi menggambar fauna bagi anak tunagrahita kelas viii di slb negeri gedangan / Habibah Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SLB Negeri Gedangan peserta didik anak tunagrahita kelas VIII menunjukkan kesulitan fokus dan kejenuhan karena metode dan media yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran kurang sesuai. Penggunaan metode konvensional berupa ceramah dan media pembelajaran berupa gambar di atas kertas kurang dapat memberikan stimuli pada indera. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran seni rupa materi menggambar fauna bagi anak tunagrahita kelas VIII di SLB Negeri Gedangan. Penelitian ini merupakan Research dan Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation). Subjek uji coba merupakan anak tunagrahita kelas VIII. Data kuantitatif dan data kualitatif dihasilkan dari angket ahli materi ahli media dan peserta didik. Angket berisi skala rating 1-5 dikonversi menjadi data kuantitatif berupa skor persentase dijabarkan dengan grafik dan diubah menjadi deskriptif kualitatif. Hasil uji validasi didapatkan persentase validitas materi sebesar 79% dan persentase validitas media sebesar 76% serta hasil uji keefektivan mendapatkan N-Gain sebesar 0 82. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu media pembelajaran multimedia interaktif berisi materi sesuai kompetensi dasar dan media menarik serta fungsional yang layak digunakan dan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/310300 |
Actions (login required)
View Item |