Alam, Edzgar Robbahul (2023) Pengembangan buku cerita bergambar bermuatan pendidikan moral untuk siswa sd kelas rendah tentang folklore penemuan ikan mujair / Edzgar Robbahul Alam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan pembelajaran di SD Negeri 4 Kanigoro Kabupaten Blitar yaitu pada media penunjang belajar berupa buku cerita bergambar yang tersedia kurang efektif dalam peningkatan pendidikan moral siswa selain itu jenis cerita yang diangkat tidak ada muatan pendidikan moral serta wawasan tentang sejarah budaya lokal atau folklore tentang asal-usul penemuan ikan mujair banyak yang belum mengetahui. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan produk buku cerita bergambar bermuatan pendidikan moral untuk siswa SD kelas rendah tentang sejarah budaya lokal atau folklore penemuan ikan mujair kemudian mendeskripsikan hasil uji validasi serta hasil uji lapangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model Research and Development milik Borg and Gall dan dikembangkan oleh peneliti yang tahapannya yaitu mengkaji pustaka analisis kebutuhan menetapkan spesifikasi produk penyusunan draf produk evaluasi draf produk oleh validator revisi produk uji lapangan. Hasil uji validasi ahli media mendapatkan rata-rata persentase 94% yang termasuk kategori sangat layak sedangkan hasil uji validasi ahli materi mendapatkan rata-rata persentase 93% juga termasuk kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan menggunakan pretest dan posttest terhadap 10 siswa memperoleh indeks N-Gain 0 9 yang mendapatkan kriteria tinggi dan layak sebagai media penunjang belajar untuk anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:14 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/310266 |
Actions (login required)
View Item |